Penerapan Teileren Method Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Bojongsari

Nur, Faozan (2024) Penerapan Teileren Method Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Bojongsari. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nur Faozan 1917402264 Penerapan Teileren Method dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Bojongsari.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pembelajaran, metodologi sangat diperlukan guru sebagai tenaga pendidik yang merupakan bagian terpenting dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Banyak sekali metodologi yang digunakan guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar, salah satunya adalah Teileren Method. Teileren Method adalah metode pembelajaran dengan memberikan materi pelajaran sebagian-sebagian. Dalam penerapan model pembelajaran Teileren Method, untuk meningkatkan hasil belajar siswa, sebagai motivasi siswa supaya lebih menyukai pembelajaran khususnya Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bojongsari. Maka dari itu peneliti tertarik tentang penerapan Teileren Method dengan judul “Penerapan Teileren Method dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMK N 1 Bojongsari Purbalingga”. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena pada materi ini siswa dirasa kurang dalam pemahaman materi khususnya di bagian ayat-ayat al-Quran dan Hadits. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif dan pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapunn analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dalam bentuk uraian, dan pengambilan kesimpulan berdasarkan data yang telah disajikan. Penerapan metode ini juga meningkatkan keaktifan siswa yang dibuktikan dengan kemampuan siswa dalam pembuatan video hafalan ayat Al-Quran serta artinya. Peneliti menemukan bahwa penerapan Teileren Method dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bojongsari Purbalingga digunakan dalam materi diantaranya: 1) Kajian Q.S. Ali-‘Imron/3: 190-191 dan Hadist tentang Berpikir Kritis, 2) Kajian Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadist tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 3) Menghindari Akhlak Mazmumah: Perkelahian Antarpelajar, Mengonsumsi Minuman Keras dan Narkoba, 4) Kajian Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Hadist tentang Toleransi dalam Kehidupan, 5) Kajian Q.S. Al-Maidah/5: 32 dan Hadist tentang Memelihara Kehidupan Manusia. Penerapan tersebut menggunakan langkah priview, analisis, melatih bagian-perbagian, sintesis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMK Negeri 1 Bojongsari, Teileren Method
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eva Fatihatun Nikmah sdri
Date Deposited: 07 May 2024 03:46
Last Modified: 07 May 2024 03:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24675

Actions (login required)

View Item View Item