NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM RENTANG KISAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP

Panggih, Mutiara Jati (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM RENTANG KISAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Panggih Mutiara_NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan generasi muda yang diakibatkan oleh kemrosotan akhlak. Fenomena kemerosotan akhlak pada remaja disebabkan oleh digitalisasi serta kurangnya penanaman nilai agama yang kuat terhadap remaja zaman sekarang. Oleh karena itu, pendidikan akhlak sangat penting di kehidupan masa kini. Pendidikan akhlak dilakukan untuk mengupayakan penanaman nilai-nilai agama kepada anak guna mencegah dan mengurangi penyimpangan akhlak. Penanaman nilai-nilai agama di era sekarang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media audio visual seperti film sebagai media pembelajaran yang dapat menyampaikan pelajaran dengan menyediakan tayangan-tayangan yang mengandung nilai pendidikan dan pelajaran moral yang kuat dapat membangun akhlak anak. Salah satunya yaitu film Rentang Kisah yang menceritakan tentang perjuangan seorang anak dalam menuntut ilmu di negera minoritas Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Rentang Kisah dan mendeskripsikan relevansinya terhadap materi pendidikan agama Islam di SMP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkn jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer berupa film Rentang Kisah dan sumber sekunder berupa data yang berhubungan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film Rentang Kisah, yakni: 1) Akhlak terhadap Allah Swt. meliputi mentauhidkan Allah Swt., dzikrullah, berbaik sangka, merendahkan diri kepada Allah Swt. (tadharru), 2) Akhlak terhadap diri sendiri meliputi sabar, syukur, jujur dan menjaga kesucian diri (iffah), 3) Akhlak terhadap keluarga meliputi berbakti kepada orang tua (birrul walidain), berbuat baik kepada saudara, mendidik dan membina keluarga , 4) Akhlak terhadap masyarakat meliputi tolong menolong, saling memaafkan, dan menjalin silaturahmi, 5) Akhlak terhadap lingkungan. Adapun relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film Rentang Kisah dengan materi pendidikan agama Islam di SMP terdapat 4, yakni: 1) Akhlak terhadap Allah Swt. yaitu dzikrullah dan merendahkan diri kepada Allah Swt. (tadharru), 2) Akhlak terhadap diri sendiri yaitu jujur, 3) Akhlak terhadap keluarga yaitu berbakti kepada orang tua (birrul walidain), 4) Akhlak terhadap lingkungan. Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Film Rentang Kisah, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Film Rentang Kisah, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Panggih Mutiara Jati sdr
Date Deposited: 07 May 2024 04:42
Last Modified: 07 May 2024 04:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24673

Actions (login required)

View Item View Item