EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA KELAS VIII DI MTS MA’ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Toe Bagus Edo, Prayogo Pringgoharjo (2024) EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA KELAS VIII DI MTS MA’ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
“Efektivitas Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Kelas VIII Di Mts Ma’arif Nu 1 Kedungbanteng Banyumas”2 (1).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan tujuan dari pembelajaran tersebut dapat dicapai. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan beberapa siswa yang pasif pada saat pembelajaran Al-Qur’an Hadits, banyak sebagian siswa yang hanya diam, mendengarkan dan mencatat saja di dalam kelas serta siswa merasa jenuh dengan pembelajaran. Guru dapat menyesuaikan model pembelajaran yang tepat untuk menciptakan suasana aktif dalam pembelajaran Al- Qur’an Hadits. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Student Teams Achievement Division efektif dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits pada siswa kelas VIII di Mts Ma’arif Nu 1 Kedungbanteng? Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian quasi experiment dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahapan yaitu yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, tes dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan soal tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebanyak 27 siswa sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji-t terhadap hasil tes awal Dalam mengerjakan tes awal ini siswa kelas eksperimen = 78,89, ini menunjukan kemampuan awal siswa tentang materi yang diujikan, Setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan metode STAD (Student Team Achivement Division), diadakan tes akhir dengan hasil rata-rata skor adalah 93,70. kelompok kontrol yang diberikan pembelajaran dengan metode ceramah, rata-rata nilai tes awal yang diberikan adalah 66, setelah siswa mendapat perlakuan pembelajaran dengan metode ceramah, diperoleh rata-rata nilai 84,07, yang berarti terjadinya peningkatan dibandingkan hasil tes awal. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran dengan metode STAD (Student Team Achivement Division) siswa mendapat pengalaman belajar yang lebih mendalam sehingga memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran STAD(Student Team Achivement Division), Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TOE BAGUS EDO PRAYOGO PRINGGOHARJO sdr
Date Deposited: 08 May 2024 08:45
Last Modified: 08 May 2024 08:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24667

Actions (login required)

View Item View Item