PENDEKATAN STRENGTH WEAKNESS OPPORTUNITY THREAT (SWOT) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MI NEGERI 1 BANYUMAS

Eva, Fatihatun Nikmah (2024) PENDEKATAN STRENGTH WEAKNESS OPPORTUNITY THREAT (SWOT) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MI NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Eva Fatihatun Nikmah_Pendekatan Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT) Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di MI Negeri 1 Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat signifikan tidak hanya dalam perkembangan individu tetapi juga dalam kemajuan suatu bangsa, keberhasilan sebuah sistem pendidikn sangat ditentukan oleh keberhasilan kurikulum yang diterapkan. Didalam kurikulum terdapat manajemen kurikulum, kurikulum harus selalu berubah agar sesuai dengan perkembangan zaman, apalagi masa sekarang ini ilmu pengetahuan dan teknologi informasi telah berkembang dan pembelajaran akan membosankan tanpa adanya perubahan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) dan termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Milles dan Hubermen yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala MI Negeri 1 Banyumas, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru dan peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah analisis SWOT manajemen kurikulum merdeka belajar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kekuatan yang ada di madrasah tersebut berupa adanya kerjasama tim yang solid, ATP yang berkesinambungan dengan modul ajar dan evaluasi secara rutin dalam penyampaian modul ajar oleh waka kurikulum. Kemudian pada bagian kelemahan, kesulitan dalam pengelolaan CP, TP, modul ajar dan ATP, yang masih dibantu dengan adanya format dari pemerintah dan minimnya sosialisasi kurikulum merdeka dari kementrian agama. Pada bagian peluang, kemudahan informasi mengenai pembaharuan kurikulum dan peran kerjasama dengan sekolah lain dalam memberikan masukan untuk penyusunan kurikulum. Kendalanya manajemen murikulum merdeka belajar ini yaitu adanya sistem kurikulum yang berubah-ubah sehingga menjadi ancaman berkelanjutan bagi manajemen kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SWOT, Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eva Fatihatun Nikmah sdri
Date Deposited: 03 May 2024 06:51
Last Modified: 03 May 2024 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24661

Actions (login required)

View Item View Item