IMPLEMENTASI LITERASI BACA TULIS MELALUI MEDIA CETAK PADA KELAS IV DI MI DARWATA GLEMPANG MAOS CILACAP

Rindang, Setyo Kinasih (2024) IMPLEMENTASI LITERASI BACA TULIS MELALUI MEDIA CETAK PADA KELAS IV DI MI DARWATA GLEMPANG MAOS CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rindang Setyo Kinasih_Implementasi Literasi Baca Tulis Lewat Media Cetak pada Kelas IV di MI Darwata Glempang Maos Cilacap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi literasi baca tulis melalui media cetak pada kelas IV di MI Darwata Glempang Maos Cilacap. Adapun fokus penelitian ini adalah pelaksanaan literasi baca tulis melalui media cetak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini di MI Darwata Glempang Maos Cilacap. Subjek penelitian yang dipilih menggunakan jenis (purposive) diantaranya Kepala Madrasah, waka kurikulum, ketua tim literasi, wali kelas IV, dan 4 siswa kelas IV MI Darwata Glempang Maos Cilacap. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman yang terdiri dari empat tahapan yaitu data collection, data reduction, data display, dan conslusions drawing/verivicatin. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi literasi baca tulis melalui media cetak pada kelas IV di MI Darwata Glempang Maos Cilacap telah diterapkan melalui tiga tahapan. Tahap perencanaan dilakukan dengan membentuk tim literasi, menyusun buku kendali baca, dan menentukan jenis media cetak untuk kegiatan literasi, adapun media cetak yang digunakan dalam kegiatan literasi yakni buku nonfiksi, buku penunjang pelajaran, majalah An-Naba, dan modul. Kedua tahap pelaksanaan, yakni dengan menjalankan tiga tahap gerakan literasi sekolah berupa pembiasaan, pengembangan, pembelajaran. Kegiatan pada tahap pembiasaan berupa pembiasaan membaca 15 menit sebelum proses pembelajaran. Kegiatan pada tahap pengembangan berupa menyalurkan apa yang telah di baca pada kegiatan pembiasaan dalam bentuk tulisan di buku kendali baca. Sedangkan, pada tahap pembelajaran kegiatan pembelajaran di sesuaikan dengan materi Bahasa Indonesia kelas IV. Berdasarkan deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan literasi baca tulis melalui media cetak di kelas IV berjalan dengan baik. Yang ketiga evaluasi yakni dengan melaksanakan evaluasi yakni tim literasi dan siswa. Kata kunci : Implementasi, Literasi Baca Tulis, Media Cetak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Literasi Baca Tulis, Media Cetak
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rindang Setyo Kinasih sdri
Date Deposited: 02 May 2024 06:11
Last Modified: 02 May 2024 06:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24657

Actions (login required)

View Item View Item