ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN LAUNDRY SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus Laundry Syariah Pondok Pesantren Rubat Mbalong ElI Firdaus Desa Tambaksari Kec. Kedungreja Kab. Cilacap)

Masfu, Fathul Mahmudah (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN LAUNDRY SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus Laundry Syariah Pondok Pesantren Rubat Mbalong ElI Firdaus Desa Tambaksari Kec. Kedungreja Kab. Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MASFU FATHUL MAHMUDAH_ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN LAUNDRY SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus Laundry Syariah Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus Desa Tambaksari, Kec. Kedungreja, Kab. Cilacap).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Usaha laundry merupakan industri rumahan yang bergerak di bidang jasa pencucian. Laundry saat ini sangat diminati oleh masyarakat yang memiliki aktivitas padat. Saat ini ekonomi islam di indonesia telah mengalami peningkatan. Berkembangnya ekonomi islam yang biasanya hanya dikenal dalam ruang lingkup pada bank syariah dan asuransi syariah, tetapi saat ini sudah bermunculan usaha-usaha syariah seperti laundry syariah. Laundry syariah yaitu dalam proses pencucian menggunakan sistem thaharah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana efektivitas pengelolaan laundry syariah dalam meningkatkan kualitas pelayanan? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari wawancara dengan pengasuh pondok, pengurus BUMP HJS, karyawan, dan pelanggan. Data sekunder penelitian berasal dari buku, jurnal, website, dan buku profil Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Miles & Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan laundry syariah yang dilakukan melalui empat tahap yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Kemudian pengelolaan laundry syariah dalam meningkatkan kualitas pelayanan dikatakan sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari lima indikator efektivitas menurut Gibson, yakni yang pertama produktivitas, karyawan laundry memaksimalkan jam kerja dan melakukan kerjasama. Kedua efisien, laundry syariah sudah memanfaatkan teknologi canggih. Ketiga kepuasan, pelanggan sudah puas dengan pelayanan laundry. Keempat adaptasi, laundry syariah mampu beradaptasi dengan meningkatkan kepercayaan dan memperbaiki fasilitas laundry. Kelima pengembangan, yakni memberikan berbagai jenis pelayanan dan melakukan pelatihan-pelatihan kepada karyawan laundry syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pengelolaan, Laundry Syariah, Kualitas Pelayanan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Masfu Fathul Mahmudah
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:26
Last Modified: 29 Apr 2024 08:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24651

Actions (login required)

View Item View Item