STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DAN PROBLEMATIKANYA DI SD NEGERI 1 KUNTILI DAN SD NEGERI 2 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Chamidin, Chamidin (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DAN PROBLEMATIKANYA DI SD NEGERI 1 KUNTILI DAN SD NEGERI 2 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS CHAMIDIN jadi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan kurikulum merdeka pada siswa kelas I,II, IV, V, di SD Negeri 1 Kuntili dan SD Negeri 2 Sumpiuh, mengetahui apa saja problematika yang dihadapi guru dan bagaimana cara mengatasinya. Strategi guru Pendidikan agama islam di SD Negeri 1 Kuntili dan SD Negeri 2 Sumpiuh dalam mempersiapakan pembelajaran dengan kurikulum merdeka. Dalam hal perencanaan mereka selalu membuat perangkat pembelajaran terlebih dahulu seperti menentukan Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Capaian Pembelajaran serta membuat modul ajar yang sesuai dengan materi dan fasenya. Guru Pendidikan agama islam SD Negeri 1 Kuntili dan SD Negeri 2 Sumpiuh juga masih terus belajar mandiri dengan aktif mengikuti pelatihan di Platform Merdeka Mengajar lewat online yang disediakan oleh pemerintah kemdikbudristek lewat akun belajar sendiri sendiri. Di dalam Platfrom tersebut guru dituntut untuk mengikuti materi pengembangan kurikulum merdeka dan juga hal baru di kurikulum merdeka Metode penelitian yang digunakan dengan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh; 1) Penerapan kurikulum Merdeka belajar pada siswa kelas I,II,IV,V dan sudah berjalan cukup baik, 2) Problematika guru dalam penerapan kurikulum Merdeka belajar terletak pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran, 3) Upaya atau strategi guru dalam mengatasi problematika tersebut adalah dengan melakukan pertemuan rutin dengan kelompok kerja guru (KKG), dengan mengikuti pembinaan berkelanjutan oleh kepala sekolah, mengikuti seminar tentang implementasi kurikulum merdeka mengajar dan mengikuti pelatihan implementasi kurikulum Merdeka belajar. Kata Kunci: Strategi guru PAI, Problematika Guru, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru PAI, Problematika Guru, Kurikulum Merdeka
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: CHAMIDIN CHAMIDIN sdr
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:49
Last Modified: 29 Apr 2024 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24643

Actions (login required)

View Item View Item