Kekerasan rumah tangga yang dilakukan istri kepada suami perspektif sosiologi hukum keluarga (studi kasus di desa silado kecamatan sumbang)

Nur, Khasanah (2024) Kekerasan rumah tangga yang dilakukan istri kepada suami perspektif sosiologi hukum keluarga (studi kasus di desa silado kecamatan sumbang). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri Purwokerro.

[img]
Preview
Text
NURKHASANAH_SKRIPSI_1717302030.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kekerasan dalam rumah tangga khususnya yang dilakukan istri kepada suami. Terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya kekerasan rumah tangga di Desa Silado Kecamatan Sumbang. Bentuk kekerasan rumah tangga di Desa Silado Kecamatan Sumbang biasanya dilakukan dalam bentuk kekerasan fisik. Dalam sosilogi, kekerasan dalam rumah tangga dilihat sebagai fenomena yang ada dalam keluarga yang berhubungan dengan anggota keluarga dan masyarakat yang ada dalam lingkungan keluarga tersebut. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis yang dengan kata lain adalah jenis penelitian hukum sosiologis dan dapat disebut pula dengan penelitian lapangan, yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kekerasan rumah tangga yaitu berbentuk kekerasan fisik. Kekerasan yang dilakukan dalam sosiologi keluarga juga banyak persoalan ekonomi, pekerjaan, budaya, perbedaan karakter, perbedaan usia yang jauh, keinginan memperoleh anak dan lemahnya agama. Dari faktor kekerasan rumah tangga juga terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kata Kunci : KDRT, Sosiologi, Hukum Keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KDRT, SOSIOLOGI, HUKUM KELUARGA
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.33 Perceraian
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nur Khasanah sdri
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:39
Last Modified: 29 Apr 2024 04:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24642

Actions (login required)

View Item View Item