IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KURIKULUM KULLIYYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI SMA ZAMZAM INTEGRATED ISLAMIC SCHOOL CILONGOK BANYUMAS

Nadiya Rahmi, Syarifah (2024) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KURIKULUM KULLIYYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI SMA ZAMZAM INTEGRATED ISLAMIC SCHOOL CILONGOK BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS NADIYA RAHMI SY FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penerapan model pembelajaran berbasis masalah sangat sesuai untuk digunakan dalam pengajaran fikih, mengingat hampir semua materi fikih berkaitan erat dengan masalah-masalah yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan model pembelajaran ini, diharapkan peserta didik akan menjadi lebih aktif, kreatif, dan mampu berpikir secara kritis, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan mereka dapat mengatasi tantangan yang sesungguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Kurikulum Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Zamzam Integrated Islamic School Cilongok Banyumas. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Kurikulum Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Zamzam Integrated Islamic School Cilongok Banyumas memiliki beberapa perbedaan. Dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, secara umum sama karena mengacu pada langkah-langkah pada model Problem Based Learning. Namun yang membuat berbeda adalah Pertama pada bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dimana istilah yang digunakan adalah I’dad dan bahasa yang digunakan didalamnya adalah menggunakan bahasa Arab. Kedua, dalam evaluasi pembelajaran terdapat tiga jenis yaitu ujian tahriri (tulis), ujian syafahi (lisan), dan ujian tathbiqi (praktik). Ketiga, Soal yang diberikan dalam ujian tulis atau penugasan pada saat selesai pembelajaran adalah soal yang dibuat sendiri oleh guru mata pelajaran dan menggunakan bahasa Arab. Keempat, buku pedoman belajar yang digunakan yaitu berasal dari cetakan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor. Kelima, bahasa pengantar pembelajaran yang digunakan yaitu menggunakan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Fikih, Kurikulum Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadiya Rahmi Syarifah sdri
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:24
Last Modified: 29 Apr 2024 06:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24635

Actions (login required)

View Item View Item