KOMPARASI KETENTUAN AKAD SALAM DALAM KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (KHES) DAN FATWA DSN-MUI 05/DSN-MUI/IV/2000

Nandini Nur, Fithriyani (2024) KOMPARASI KETENTUAN AKAD SALAM DALAM KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (KHES) DAN FATWA DSN-MUI 05/DSN-MUI/IV/2000. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nandini Nur F_KOMPARASI KETENTUAN AKAD SALAM DALAM KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (KHES) DAN FATWA DSNMUI 05 DSN-MUI IV 2000.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya jual beli pesanan di kalangan masyarakat. Seiring berkembangnya zaman aspek ekonomi juga menjadi turut berkembang dan semakin komplit sehingga munculah berbagai macam jenis transaksi yang memudahkan bagi masyarakat dimana salah satunya yaitu jual beli pesanan atau as-salam. Jual beli secara pesanan (as-salam) merupakan salah satu bentuk perdagangan yang diperbolehkan menurut syariat Islam. Pengertian akad as-salam yaitu pembelian barang yang diserahkan dikemudian hari sedangkan pembayaran dilakukan di muka atau awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akad salam menurut Kompilasi Hukum Ekonomi syariah (KHES) dan Fatwa DSN-MUI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian kepustakaan (library research). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan buku-buku sebagai sumber datanya, Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES), Fatwa DSN-MUI, kitab-kitab fikih. Hasil penelitian ini adalah KHES memiliki lingkup yang lebih luas dan memberikan kerangka umum tentang ekonomi syariah, sedangkan Fatwa DSN-MUI No.5 Tahun 2000 lebih fokus pada ketentuan spesifik akad salam, memberikan panduan yang jelas bagi pelaku ekonomi syariah. KHES bertujuan untuk menyediakan kerangka kerja umum untuk ekonomi syariah, sedangkan Fatwa DSN-MUI bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan panduan praktis tentang transaksi akad salam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Salam, KHES, DSN-MUI
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nandini nur fithriyani sdri
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:17
Last Modified: 29 Apr 2024 01:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24624

Actions (login required)

View Item View Item