MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENUMBUHKAN LITERASI PESERTA DIDIK KELAS I DAN II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANYUMAS

MAGHFIROTUN, CHASANAH (2024) MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENUMBUHKAN LITERASI PESERTA DIDIK KELAS I DAN II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER BU IROH REVISI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan media pembelajaran big book dalam meningkatkan literasi peserta didik kelas I dan II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banyumas. Dari 196 peserta didik yang menjadi subjek penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa meskipun sekolah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi, masih ditemukan kebutuhan untuk pendekatan yang lebih efektif. Penggunaan big book menjadi pilihan guru karena potensinya dalam menumbuhkan minat dan keterampilan literasi peserta didik. Sebelum penggunaan big book, kemampuan literasi peserta didik terutama dalam membaca, menulis, dan berbicara masih perlu peningkatan. Namun, setelah penggunaan big book, terjadi perubahan yang signifikan terutama dalam aktivitas membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa big book efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi peserta didik. Dalam konteks mewujudkan generasi emas, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam upaya meningkatkan literasi peserta didik kelas I dan II.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Big Book, Literasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maghfirotu Chasanah sdri
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:25
Last Modified: 29 Apr 2024 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24619

Actions (login required)

View Item View Item