Upaya Pekerja Seks Komersial Dalam Mengasuh Anak Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Desa Sidaurip Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap)

Mega Ulfia, Muhajir (2024) Upaya Pekerja Seks Komersial Dalam Mengasuh Anak Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Desa Sidaurip Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mega Ulfia Muhajir_Upaya Pekerja Seks Komersial Dalam Mengasuh Anak Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Desa Sidaurip Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UPAYA PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM MENGASUH ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ABSTRAK Mega Ulfia Muhajir NIM. 1717302071 Pola asuh anak merupakan bagaimana cara orang tua berinteraksi dengan anak secara total yang meliputi proses pemeliharaan, perlindungan, dan pengajaran bagi anak. Dengan memberikan pola asuh yang baik dan positif kepada anak, akan memunculkan konsep diri yang postif bagi anak dalam menilai dirinya. Dimulai dari masyarakat yang tidak membatasi pergaulan anak namun tetap membimbing, agar anak dapat bersikap obyektif, dan menghargai diri sendiri, dengan mencoba bergaul dengan teman yang lebih banyak. Penelitian ini menunjukkan bahwa PSK dan anak-anaknya di Desa Binangun dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar secara normal. Maka dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana peran para orang tua dalam mengasuh pola perkembangan anaknya, terutama terhadap orang tua dengan status pekerja seks komersil di Desa Binangun Kabupaten Cilacap. Karena pada dasarnya seorang anak tidak akan jauh dari karakter kedua orang tuanya, apalagi seorang anak yang diasuh dalam lingkungan keluarga yang kurang baik salah satunya seperti pekerja seks komersil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research yang dilakukan di Desa Sidaurip Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap dengan menggunakan pengambilan sampel teknik sampling purposive. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan normatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer yang dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Kemudian setelah seluruh data yang diperlukan terkumpul barulah data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis deduktif induktif. Hasil dari penelitian yang telah peneliti lakukan di Desa Sidaurip Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap adalah pola pengasuhan yang dilakukan oleh pekerja seks komersial Desa Sidaurip Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap adalah pekerja seks komersial yang merupakan ibu dari anak-anaknya yang memiliki kewajiban untuk mendidik dengan memberikan kebebasan kepada anaknya tetapi anak-anaknya tetap diawasi, apabila anaknya melakukan kesalahan maka ibunya tetap menegurnya dengan baik agar anak tersebut tumbuh berkembang menjadi anak yang baik secara jasmani rohani serta berguna bagi agama dan bangsanya. pola pengasuhan anak bagi pekerja seks komersial menurut Madzhab Syafi’i dan Madzhab Hanafi tidak diperbolehkan karena pekerja seks komersial merupakan perilaku yang tidak baik atau menyimpang yang dikhawatirkan apabila tetap mengasuh anak akan mendapat dampak buruk bagi anak tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Pengasuhan, Pekerja Seks Komersial, Hukum Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.8 Fiqih dari Berbagai Faham/ Mazhab
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Mega Ulfia Muhajir sdri
Date Deposited: 27 Apr 2024 04:31
Last Modified: 27 Apr 2024 04:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24618

Actions (login required)

View Item View Item