PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA

EMI, HARIYANTI (2024) PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged_4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan kecerdasan majemuk melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP N 1 Kemangkon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori Howard Gardner dan Lev Vygotsky, serta pendekatan pembelajaran tematik, menjadi landasan utama dalam merancang pendekatan, metode, dan media pembelajaran yang relevan. Selama tahap perencanaan, guru-guru telah merancang modul ajar yang berbasis kecerdasan majemuk, memperhitungkan keragaman kecerdasan siswa. Selama pelaksanaan pembelajaran, pendekatan tematik, kontekstual, berpusat pada siswa, dan multikecerdasan digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar inklusif dan menarik. Penilaian formatif dilakukan secara berkesinambungan melalui observasi, portofolio, proyek kolaboratif, dan refleksi diri, sementara penilaian sumatif dilakukan melalui ujian, proyek akhir, presentasi, dan penugasan kreatif. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diuji melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan holistik dan berkelanjutan, pembelajaran PAI di SMP N 1 Kemangkon berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang perkembangan kecerdasan majemuk siswa. Guru-guru yang berbasis pada teori dan penelitian relevan memberikan dukungan yang tepat untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang agama Islam serta kemampuan mereka dalam berpikir kritis, berkolaborasi, dan menghadapi tantangan dengan percaya diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Majemuk, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: EMI HARIYANTI sdri
Date Deposited: 27 Apr 2024 04:22
Last Modified: 27 Apr 2024 04:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24614

Actions (login required)

View Item View Item