STRATEGI DAKWAH MAJELIS NGOPI SARENG DALAM MEMOTIVASI PEMUDA UNTUK MENDALAMI AJARAN ISLAM DI KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA

Fahmi, Alfianuari Ma'ruf (2024) STRATEGI DAKWAH MAJELIS NGOPI SARENG DALAM MEMOTIVASI PEMUDA UNTUK MENDALAMI AJARAN ISLAM DI KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FAHMI FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dakwah merupakan suatu kegiatan untuk mengajak secara individual ataupun kelompok agar dalam mengambil keputusan dengan bijaksana dan mencegah perbuatan buruk, yang merupakan perintah dari Allah SWT. Dalam kegiatan dakwah yang dilakukan Majelis Ngopi Sareng merupakan salah satu bentuk untuk mencegah dari perbuatan yang mungkar, khususnya para pemuda yang kurang mengetahui tentang ajaran islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis Bagaimana Strategi Dakwah yang Dilakukan Majelis Ngopi Sareng Dalam Menyebarkan Dakwah Untuk Pemuda di Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau menggunakan metode kualitatif. Penelitian yang dilakukan dengan mengambil subjek penelitian pengasuh, penasehat, pengurus, dan mad’u Majelis Ngopi Sareng. Sedangkan objek penelitian Majelis Ngopi Sareng Di Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data, penulis menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Majelis Ngopi Sareng berdiri pada 20 juli 2020 yang diinisiasi oleh Gus Nurma Ali Ridwan dan sekarang dilanjutkan oleh Kyai Abdul Basir. Strategi dakwah yang dilakukan Majelis Ngopi Sareng di Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara dengan bertujuan mengajak para pemuda yang di jalan untuk berkumpul yang ada manfaatnya dari pada kumpulan dipinggir jalan tidak jelas, maka dari itu Majelis Ngopi Sareng menyiapkan wadah untuk para pemuda agar mendalami ilmu tentang ajaran islam, agar dapat mengetahui perbuatan yang seharusnya tidak dilakukan. Adapun pembahasan dari penelitian ini strategi dakwah dilihat berdasarkan tujuannya ada dua yakni strategi dakwah tawsi’ah dan strategi dakwah tarqiyah. Dari kedua strategi dakwah tersebut yang diterapkan di Majelis Ngopi Sareng cukup berhasil untuk memotivasi para pemuda agar tidak terjerumus ke perbuatan yang buruk. Kata kunci: Strategi Dakwah, Majelis Ngopi Sareng, Gus Nurma Ali Ridwan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fahmi Alfianuari Ma'ruf sdr
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:13
Last Modified: 29 Apr 2024 01:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24611

Actions (login required)

View Item View Item