PESAN MORAL DIGITAL MELALUI MEME (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA AKUN INSTAGRAM @MEMEISLAM.ID)

Muhammad, Naufal Helmy Mahfudh (2024) PESAN MORAL DIGITAL MELALUI MEME (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA AKUN INSTAGRAM @MEMEISLAM.ID). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Naufal Helmy Mahfudh_Pesan Moral Digital Melalui Meme (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Akun Instagram @memeisla).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Moral merupakan proses penyampaian gagasan yang berkaitan dengan batasan terhadap baik buruknya sebuah perbuatan manusia. Hal tersebut sangat memprihantikan jika kita lihat pada saat ini, dimana masyarakat pada saat ini mulai menampakan ketidaksopanan terhadap orang lain terutama di media sosial. Hal itu sangat berbanding balik dengan apa yang telah disematkan oleh dunia kepada masyarakat indonesia dengan predikat masyarakat paling ramah. Dan salah satu dari sekian banyaknya cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan meme sebagai bahan untuk membagikan nilai-nilai moral di media sosial seperti halnya pada akun instagram @memeislam.id. Dikarenakan pada saat ini masyarakat yang memakai media sosial kebanyakan adalah generasi Z dan instgaram sendiri merupakan salah satu platform media sosial yang popular dikalangan masyarakat indonesia. Kemudian hubungan antara meme dengan generasi Z terbilang cukup dekat, hal tersebut disebabkan dari adanya visual yang menarik, populer dan cenderung dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan makna pesan moral secara jelas yang disampaikan oleh meme pada akun instagram @memeislam.id. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh oleh penulis dalam penelitian ini terdapat dua macam yaitu data premier yang berasal dari postingan akun instagram @memeislam.id dan data sekunder yang berasal dari buku dan jurnal yang bertemakan sama dengan penelitian ini. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan donotasi, konotasi dan mitos sebagai komponen dalam menganalisis makna sebuah postingan meme pada akun instagram @memeislam.id. Hasil penelitian dari 24 postingan akun instagram @memeislam.id pada bulan November 2023 – Januari 2024 terhadap pesan moral adalah pesan moral antara manusia dengan tuhan, pesan moral manusia dengan orang lain, dan pesan moral manusia dengan dirinya sendiri. Dari 24 postingan yang diteliti oleh penulis tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagaian besar postingan yang diteliti oleh penulis adalah mengandung pesan moral ketuhanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Moral, Instagram, Meme, dan Semiotika Roland Barthes
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Naufal Helmy Mahfudh sdr
Date Deposited: 27 Apr 2024 01:14
Last Modified: 27 Apr 2024 01:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24587

Actions (login required)

View Item View Item