TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJA SAMA ANTARA UMKM SRC (Sampoerna Retail Community) AURELY CELL DENGAN SISTEM INOVASI DIGITAL SRC (Sampoerna Retail Community) INDONESIA

WIWIT APRILIANA, SAPUTRI (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJA SAMA ANTARA UMKM SRC (Sampoerna Retail Community) AURELY CELL DENGAN SISTEM INOVASI DIGITAL SRC (Sampoerna Retail Community) INDONESIA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WIWIT APRILIANA SAPUTRI_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJA SAMA ANTARA UMKM SRC (Sampoerna Retail Community) AURELY CELL DENGAN SISTEM INOVASI DIGITAL SRC (Sampoerna Retail Community) INDONESIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kerjasama antara dua belah pihak yaitu toko kelontong sebagai UMKM dengan sistem inovasi digital SRC (Sampoerna Retail Community) Indonesia, yang saling memberikan kontribusi untuk sebuah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama yaitu meningkatkan daya saing UMKM agar dapat meningkatkan perekonomian. Dalam kerjasama tersebut terdapat ijarah pekerjaan atau jasa ('ala al amaal), dalam ijarah ini seseorang mempekerjakan untuk melakukan suatu pekerjaan. Dalam hal ini pihak SRC menawarkan atau menyewakan sebuah jasa pembinaan pendampingan berkelanjutan kepada UMKM dengan tujuan agar usaha terus berkembang dan mampu bersaing. Dalam hal ini UMKM membutuhkan jasa pembinaan dan hal tersebut disediakan oleh SRC, sebagai upah timbal balik maka UMKM atau toko kelontong mitra SRC membeli, mempromosikan dan memasarkan barang brand dari SRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme kerja sama antara UMKM dengan sistem inovasi digital SRC serta bagaimana tinjauan hukum Islam tentang kerja sama tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini, mekanisme atau proses bergabung menjadi mitra SRC tergolong mudah, yaitu wajib memiliki toko kelontong, memiliki keinginan berkembang, mengisi formulir gabung SRC, mengunduh aplikasi AYO SRC. Kerjasama antara UMKM dengan sistem inovasi digital SRC terdapat akad ijarah pekerjaan atau jasa ('ala al amaal) hukumnya diperbolehkan karena syarat dan rukun ijarah terpenuhi, keduanya mendapatkan manfaat yang sejenis yaitu jasa, masing-masing pihak juga mendapatkan keuntungan. Pihak SRC mendapatkan upah dengan jasa promosi dan pemasaran dari UMKM, sedangkan UMKM mendapatkan jasa pembinaan berkelanjutan untuk perkembangan dan kemajuan toko kelontongnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Akad ijarah, UMKM, SRC (Sampoerna Retail Community
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: WIWIT APRILIANA SAPUTRI sdri
Date Deposited: 27 Apr 2024 01:23
Last Modified: 27 Apr 2024 01:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24584

Actions (login required)

View Item View Item