IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN BREBES NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANGDESA WISATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIFSIYASAH MALIYAH (Studi Kasus di Desa Wisata Cipanas Buaran Pangebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes)

Muh Riza, Jami Rizki (2024) IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN BREBES NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANGDESA WISATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIFSIYASAH MALIYAH (Studi Kasus di Desa Wisata Cipanas Buaran Pangebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muh Riza Jami Rizki_IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN BREBES NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANGDESA WISATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PERSPEKTIFSIYASAH MALIYAH (Studi Kasus di Desa Wisata Cipanas Buaran Pangebatan Kecamat.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desa wisata cipanas buaran sebagai wisata yang bisa membantu untuk pengembangan perekonomian masyarakat setempat, seperti masyarakat bisa membuka usaha warung jajan ataupun makanan dan minuman. Perda Nomor 11 Tahun 2021 tentang desa wisata dalam BAB VII Pasal 28 dalam menjalankan desa wisata tersebut diantaranya, mengenai pengunjung memiliki hak untuk memperoleh perlindungan, kenyamanan dan keamanan. Terkait dengan hak yang harus di dapatkan maka dari itu, itu berkaitan dengan pengelolaan fasilitas dan prasarana di Desa Wisata Cipanas Buaran yang harus dkelola dengan baik sesuai dengan Perda tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode yang digunakan dalam wawancara yaitu purposive sampling. Data primer yang digunakan yaitu Perda Brebes No 11 Tahun 2021 tentang Desa Wisata. Data sekundernya yaitu buku-buku, jurnal, internet, artikel dan surat kabar yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode induktif. Hasil dari penelitian ini menunjukanbahwa, pertama, Kurangnya koordinasi dalam pengelolaan desa wisata sesuai Perda Brebes No 11 Tahun 2021 tentang Desa Wisata sehingga pemberdayaan dan pengembangan fasilitas desa wisata cipanas buaran tersebut menjadi terhambat. Apabila fasilitas dan sarana prasarana dapat dikembangkan lebih baik, maka hal tersebut juga dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang berkujung. Kedua, perspektif Siya>sah Ma>liyah pengelolaan desa wisata Cipanas Buaran di Desa Pangebatan Dukuh Buaran masih hanya beberapa orang saja yang terlibat dalam desa wisata, maka itu tidak sesuai dengan apa yang diterapkan dalam Siya>sah Ma>liyah yang lebih mementingkan, kesejahteraan masyarakat yang diutamakan dan kepentingan pribadi, kelompok dikesampingkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Desa Wisata, Siya>sah Ma>liyah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 320 Political science > 321 Systems of governments and states
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Muhammad Riza Jami Rizki sdr
Date Deposited: 27 Apr 2024 01:33
Last Modified: 27 Apr 2024 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24579

Actions (login required)

View Item View Item