KONTEN DAKWAH KI DALANG SENO NUGROHO DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE (Analisis Isi model Krippendorff dalam lakon “petruk pandhita”)

Ahmad, Mutaqin (2024) KONTEN DAKWAH KI DALANG SENO NUGROHO DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE (Analisis Isi model Krippendorff dalam lakon “petruk pandhita”). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AHMAD MUTAQIN_KONTEN DAKWAH KI DALANG SENO NUGROHO DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE (Analisis Isi model Krippendorff dalam lakon “petruk pandhita”).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Analisis isi merupakan suatu metode untuk mempelajari dan menganalisis komunikasi secara sistematik, objektif, dan kuantitatif terhadap pesan yang tampak, teknik sistematis untuk menganalisis isi pesan atau suatu alat untuk mengobservasi dan menganalisis isi perilaku komunikasi yang terbuka dari komunikator yang dipilih. Dalam menyampaikan pesan, setiap komunikator mempunyai cara yang berbeda. Salah satunya adalah Ki Dalang Seno Nugroho yang menyisipkan konten dakwah melalui wayang kulit dan terdokumentasi dalam channel youtube Dalang Seno. Oleh sebab itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apa saja konten dakwah yang terdapat dalam video pementasan wayang kulit Ki Dalang Seno Nugroho lakon “Petruk Pandhita” pada channel youtube Dalang Seno. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana menggambarkan serta meringkas dari situasi berbagai data yang di kumpulkan berupa hasil video wayang kulit Ki Seno Nugroho dalam lakon “Petruk Pandhita”. Sumber data yang digunakan peneliti berupa sumber primer dan sekunder. Sumber data primer penelitian ini didapat dari salah satu video pementasan wayang kulit Ki Seno Nugroho pada channel youtube Dalang Seno. Sumber data sekunder didapat dari internet, skripsi, artikel, jurnal, dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Dalam channel youtube Dalang Seno yang dikelola oleh Hadi Pranawa yang didirikan sejak tahun 7 Januari 2019, penulis mereview rekaman video channel Dalang Seno lakon “Petruk Pandhita” pada tahun 2019 di Kadilangu, Sumberadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Berdasarkan analisis video yang telah dilakukan pada channel Dalang Seno yang berupa analisis isi model Krippendorff pada video lakon “Petruk Pandhita” diperoleh data berupa unsur dakwah berupa aqidah, akhlaq, syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, Konten Dakwah, Youtube, Ki Dalang Seno Nugroho
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Mutaqin sdr
Date Deposited: 27 Apr 2024 01:52
Last Modified: 27 Apr 2024 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24572

Actions (login required)

View Item View Item