IMPLEMENTASI PSIKOTERAPI ISLAM SEBAGAI INTERVENSI PREVENTIF BURNOUT PADA KARYAWAN ZAMZAMTIME PURWOKERTO

ZUHROH, MULQIYATUL HAQ (2024) IMPLEMENTASI PSIKOTERAPI ISLAM SEBAGAI INTERVENSI PREVENTIF BURNOUT PADA KARYAWAN ZAMZAMTIME PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZUHROH MULQIYATUL HAQ_IMPLEMENTASI PSIKOTERAPI ISLAM SEBAGAI INTERVENSI PREVENTIF BURNOUT PADA KARYAWAN ZAMZAMTIME PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Burnout adalah masalah serius dalam lingkungan kerja yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan karyawan dan produktivitas perusahaan. Burnout telah diklarifikasi oleh World Health Organization (WHO) dalam Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD-11) sebagai penyakit dalam fenomena pekerjaan. Burnout memiliki tiga komponen yaitu kelelahan emosional, depersonalisasi, dan berkurangnya profesionalitas. Perusahaan memiliki peran penting dalam mencegah dan mengatasi burnout tetapi banyak perusahaan yang belum mengambil intervensi preventif. Implementasi psikoterapi Islam merupakan proses pencegahan dan penyembuhan gangguan serta penyakit baik itu dari segi gangguan fisik, mental, spiritual, atau karakter yang didasarkan pada nilai-nilai Islam yang berasal dari Al- Qur’an dan hadits. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilandaskan pada paradigma interpretive. Jenis penelitian menggunakan naturalistik yang didasarkan pada tingkat kealamiahan (natural setting) tempat penelitian. Data dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan meliputi purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data primer dan sekunder. Subjek terdiri dari 3 pengurus Zamzamtime Purwokerto dan 7 karyawan Zamzamtime Purwokerto. Data dikumpulkan dengan observasi partisipasi lengkap, wawancara tak terstruktur, dokumentasi dan triangulasi sumber. Teknik analisis data di lapangan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi sosial Zamzamtime Purwokerto dan implementasi psikoterapi Islam sebagai intervensi preventif burnout pada karyawan Zamzamtime Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan psikoterapi Islam dapat menjadi intervensi preventif karena membantu karyawan dalam mencegah dan mengatasi burnout di tempat kerja. Gejala burnout pada karyawan Zamzamtime Purwokerto seperti kelelahan akut, depersonalisasi, dan penurunan profesionalitas hanya dialami oleh 2 dari 7 karyawan yang menjadi subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Psikoterapi Islam, Intervensi Preventif, Burnout
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zuhroh Mulqiyatul Haq
Date Deposited: 27 Apr 2024 01:44
Last Modified: 27 Apr 2024 01:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24566

Actions (login required)

View Item View Item