FRAMING TOLERANSI BERAGAMA DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Program Login Di Channel Youtube Deddy Corbuzier Dan Ceramah Habib Rizieq Pada Channel Youtube Aswaja Corner)

Fadhlan, Luthfi (2024) FRAMING TOLERANSI BERAGAMA DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Program Login Di Channel Youtube Deddy Corbuzier Dan Ceramah Habib Rizieq Pada Channel Youtube Aswaja Corner). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FADHLAN LUTHFI_FRAMING TOLERANSI BERAGAMA DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Program Login Di Channel Youtube Deddy Corbuzier Dan Ceramah Habib Rizieq Pada Channel Youtube Aswaja Corner).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberagaman di Indonesia melalui budaya, etnis, bahasa, dan agama menjadikan toleransi sebagai pilar dasar dalam kebidupan bermasyarakat. Karena dengan toleransi, masyarakat dapat menciptakan sikap saling menghargai dan terjalin kehidupan yang harmonis. Namun keberagaman ini tidak memutuskan kemungkinan terjadinya pertengkaran atau perselisihan. Oleh karena itu, dengan fenomena agama yang ditengarai sebagai kekuatan dahsyat, baik dalam mewujudkan perdamaian maupun permusuhan, menjadi kian menarik bila kemudian dikaitkan dengan pemberitaan media yang dianggap memiliki ‘hak penuh’ di dalam memilih dan mengonstruksi fakta, sekaligus sebagai pemilik kekuatan perkasa di dalam mempengaruhi opini publik. Toleransi perlu dijunjung tinggi sebagai bentuk persatuan keberagaman di Indonesia. Media Youtube yang membahas mengenai Toleransi Beragama adalah channel Youtube Deddy Corbuzier yang di kemas pada serial Login dan Aswaja Corner pada Ceramah Habib Rizieq. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti toleransi pada akun Youtube Deddy Corbuzier dan Aswaja Corner. Penelitian ini bertujuan mengetahui framing media sosial Youtube Deddy Corbuzier dan Aswaja Corner baik dalam mendefinisikan masalah, memahami sumber masalah dan keputusan moral dalam menyelesaikan masalah toleransi keagamaan di Indonesia. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam video program Login youtube Deddy Corbuzier mem-framing toleransi sebagai hal yang dapat di implementasikan secara luwes asalkan tidak menyinggung masalah akidah dan kepercayaan yang dianut. Sedangkan dalam video ceramah Habib Rizieq youtube Aswaja Corner mem-framing toleransi sebagai hal yang rigid dimana ada batasan tegas agar agama tidak dicampuradukan dengan bingkai toleransi itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, Youtube, Analisis Framing
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fadhlan Luthfi sdr
Date Deposited: 27 Apr 2024 02:06
Last Modified: 27 Apr 2024 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24565

Actions (login required)

View Item View Item