DUKUNGAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI KELURAHAN TANJUNG PURWOKERTO SELATAN

Ragil Falchu, Syifa (2024) DUKUNGAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI KELURAHAN TANJUNG PURWOKERTO SELATAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ragil Falchu Syifa_Dukungan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Di Kelurahan Tanjung Purwokerto Selatan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehadiran orang tua sangat penting dalam proses perkembangan dan pertumbuhan bagi anak tunagrahita. Mengasuh, membimbing, mendidik, serta membantu mengarahkan anak menjadi tugas tanggung jawab dari orang tua yang bertujuan untuk menjadikan anak sebagai pribadi yang mandiri. Keinginan untuk tidak sealalu bergantung kepada orang lain dan dapat menjalani kehidupan secara mandiri telah dirasakan bagi anak tunagrahita. Hal tersebut terjadi karena anak tunagrahita memiliki keinginan agar dapat dianggap sama seperti anak normal lainnya. Disinilah dukungan dan peran orang tua sangat penting dalam proses perkembangan kemandirian anak tunagrahita. Orang tua yang dekat dengan anak maka akan lebih mudah mengetahui segala permasalahan yang dialami oleh anaknya. Anak tunagrahita membutuhkan adanya dukungan dan perhatian dari orang tua yang lebih intensif dalam mengembangkan proses kemandirian sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan atau mendeskripsikan dukungan orang dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di kelurahan tanjung kecamatan purwokerto selatan. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang didapatkan bahwa dukungan yang diberikan oleh orang tua kepada anak tunagrahita dapat berupa dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan penghargaan, dan dukungan informatif. Keberhasilan dalam memberikan dukungan yang diberikan orang tua kepada anak tunagrahita akan terjadinya peningkatan terhadap kemandiriannya dalam proses belajar dan kehidupan sosialnya baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun di lingkungan masyarakat. Dengan memberikan dukungan yang berupa kasih sayang, perhatian, pengertian secara sepenuh hati ini akan memberikan pengaruh bagi kehidupan sehari-hari anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Orang Tua, Kemandirian, Anak Tunagrahita
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ragil Falchu Syifa sdri
Date Deposited: 27 Apr 2024 01:48
Last Modified: 27 Apr 2024 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24562

Actions (login required)

View Item View Item