MATERI DAKWAH USTADZ “NARUTO” (STUDI VIDEO FANTASTIC FRIENDS AND WHERE TO FIND THEM DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE NURUL HAYAT CHANNEL)

Sova, Ansyah (2024) MATERI DAKWAH USTADZ “NARUTO” (STUDI VIDEO FANTASTIC FRIENDS AND WHERE TO FIND THEM DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE NURUL HAYAT CHANNEL). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi 1717103044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Materi dakwah merupakan pesan atau materi yang dipaparkan pendakwah terhadap objek. Materi dakwah berupa ajaran islam yang berdasarkan al-quran dan sunnah. Materi dakwah dapat menggunakan berbagai cara termasuk budaya populer jepang. Ustadz Marzuki Imron memanfaatkan budaya populer Jepang dalam melaksanakan dakwahnya dengan tujuan menarik minat penggemar budaya popular jepang dalam manga, anime ataupun cosplay untuk mengikuti pengajian. Hal tersebut memberikan ketertarikan penulis untuk melakukan penelitian secara mendalam mengenai materi dakwah yang terkandung dalam ceramah yang dibawakan oleh Ustadz Marzuki Imron. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi dakwah Ustadz Naruto dalam menyampaikan dakwahnya. Jenis Penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode analisis isi kualitatif, metode analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa materi dakwah Ustadz Naruto meliputi pesan akidah, syariah dan akhlak. Materi dakwah aqidah lebih menekankan akidah kepada malaikat, hari akhir dan qada dan qadar. Pada aspek syariah lebih menekankan pada mencari ilmu, berpuasa dan sedekah. Sedangkan untuk aspek akhlak mengajarkan untuk mencari teman yang saleh, jangan mencela, toleransi, ikhlas dan menghargai pemberian orang lain. Materi dakwah tersebut dibawakan dengan memasukan unsur budaya popular ke dalam materi dakwahnya seperti unsur “Naruto” dan “Harry Potter” sehingga para remaja lebih tertarik untuk mengikuti kajian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Naruto dan Materi Dakwah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sova Ansyah
Date Deposited: 27 Apr 2024 02:10
Last Modified: 27 Apr 2024 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24558

Actions (login required)

View Item View Item