DAKWAH MELALUI SEDEKAH (Studi Dakwah dengan Sedekah Melalui Nasi Bungkus Untuk Meningkatkan Minat Ibadah Jama'ah di Masjid Alfu Mabruk Desa Ciduwet Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes

Ahmad, Nawawi (2024) DAKWAH MELALUI SEDEKAH (Studi Dakwah dengan Sedekah Melalui Nasi Bungkus Untuk Meningkatkan Minat Ibadah Jama'ah di Masjid Alfu Mabruk Desa Ciduwet Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi Ahmad-1-1 fiks.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dakwah salah satu ajaran islam yang sifatnya mengajak atau menyeru untuk berbuat baik kepada sesama umat manusia. Salah satunya berdakwah melalui sedekah, karena mengajak umat untuk berbuat baik kepada sesama melalui sedekah dengan mengharap ridho Allah SWT. Dakwah juga bagian yang sangat penting dalam Islam, karena berkembang atau tidaknya ajaran islam dalam kehidupan masyarakat merupakan penentu berhasil tidaknya dakwah yang telah dilaksanakan. Karena dengan berdakwah melalui sedekah ini hidup manusia akan merasakan indahnya saling berbagi sesama umat manusia dan dapat menghargai satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dakwah melalui sedekah terhadap minat ibadah jama'ah di Masjid Alfu Mabruk dan bagaimana jama'ah dapat tertarik untuk melakukan ibadah di Masjid Alfu Mabruk Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengumpulkan data secara langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah jama'ah Masjid Alfu Mabruk Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Sedangkan subjeknya adalah takmir masjid, jama'ah dan masyarakat Desa Ciduwet. Metode yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis dengan langkah-langkah; reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian yang di peroleh, Jamaah masjid sebelum adanya pembagian nasi bungkus kurang lebih hanya 10 orang saat sholat dan kegiatan yang dilakukan di masjid. Kemudian setelah diadakannya pembagian nasi bungkus/nasi ember jamaah Masjid Alfu Mabruk mejadi bertambah dengan pesat. perkiraan peningkatan jamaah yang tadinya sekitar 10 orang sekarang bisa mencapai 30 orang bahkan lebih. Disamping itu di Masjid Alfu Mabruk juga rutin mengadakan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan minat jamaah. Kata kunci : Dakwah, sedekah, jama’ah, masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Sedekah, jama'ah, Masjid
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sdr Ahmad Nawawi
Date Deposited: 27 Apr 2024 02:13
Last Modified: 27 Apr 2024 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24549

Actions (login required)

View Item View Item