ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENARIKAN BIAYA PARKIR PADA APLIKASI JASA ANTAR MAKANAN (Studi Kasus Pada Driver Grab di Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas)

Muchamad, Subhan Fauzi (2024) ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENARIKAN BIAYA PARKIR PADA APLIKASI JASA ANTAR MAKANAN (Studi Kasus Pada Driver Grab di Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUCHAMAD SUBHAN FAUZI_ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENARIKAN BIAYA PARKIR PADA APLIKASI JASA ANTAR MAKANAN (Studi Kasus Pada Driver Grab di Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada layanan jasa antar makanan terdapat driver yang ikut berkontribusi dengan menjual jasanya dengan mengantarkan pesanan yang diinginkan oleh customer Grab, namun driver meminta biaya parkir kepada customer menggunakan fitur chat yang terdapat pada aplikasi tetapi di restoran tidak ditarik biaya parkir. Maka penelitian ini saya ingin meneliti tentang praktik penarikan biaya parkir dan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penarikan biaya parkir pada aplikasi Grab jasa antar makanan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis hukum ekonomi syariah terhadap penarikan biaya parkir pada aplikasi jasa antar makanan di Purwokerto Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengambilan sampling wawancara dengan teknik random sampling. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode normatif empiris, Kemudian penulis menganalisis data menggunakan metode deduktif. Berdasarkan analisis, penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik penarikan biaya parkir yang terjadi pada aplikasi Grab jasa antar makanan di Purwokerto Utara dengan cara driver menarik biaya parkir kepada customer menggunakan fitur chat yang terdapat pada aplikasi Grab tetapi pada kenyataannya direstoran tidak ditarik biaya parkir oleh tukang parkir, dan dalam prespektif hukum ekonomi syariah, aplikasi Grab jasa antar makanan masuk dalam kategoti akad ijarah, namun dalam praktik ijarah tersebut terdapat unsur kebohongan, yangmana driver seringkali meminta biaya parkir kepada customer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Grab, Driver, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muchamad Subhan Fauzi sdr
Date Deposited: 27 Apr 2024 01:53
Last Modified: 27 Apr 2024 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24545

Actions (login required)

View Item View Item