POLA IJTIHAD AHMAD AZHAR BASYIR DAN SAHAL MAHFUDZ POLA IJTIHAD AHMAD AZHAR BASYIR DAN SAHAL MAHFUDZ DALAM PEMBARUAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA

Muchammad, Choirul Umam (2024) POLA IJTIHAD AHMAD AZHAR BASYIR DAN SAHAL MAHFUDZ POLA IJTIHAD AHMAD AZHAR BASYIR DAN SAHAL MAHFUDZ DALAM PEMBARUAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUCHAMMAD CHOIRUL UMAM_POLA IJTIHAD AHMAD AZHAR BASYIR DAN SAHAL MAHFUDZ DALAM PEMBARUAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembaruan hukum Islam ini merupakan suatu tuntutan zaman yang akan selalu beriringan dengan kehidupan manusia yang diharapkan dapat menjadi jawaban dari suatu persoalan yang ada. Pembaruan ini melingkupi penjelasan ulang dalam bentuk produk hukum Islam yang lebih segar dan lebih mutakhir. Ijtihad merupakan sebuah usaha yang dilakukan dalam pembaruan serta pengembangan hukum Islam yang mempunyai sifat dan ciri khasnya sendiri diantaranya, dinamis (harakah), harmonis (wasathiyah), dan juga sempurna (ta’amul). Ijtihad memiliki peran yang sangat penting dalam pembaruan hukum Islam yang bertujuan agar dapat terus merespon serta menjawab permasalahan yang ada pada masyarakat sebagai imbas dari perubahan dan kemajuan sosial. Ahmad Azhar Basyir dan Sahal Mahfudz merupakan dua ulama kontemporer yang dikenal karena kontribusi mereka dalam bidang ijtihad dan pemikiran hukum Islam. Meskipun keduanya memiliki pendekatan yang berbeda dalam hal ijtihad, keduanya berupaya untuk dapat menyempurnakan dan juga mengembangkan pemahaman hukum Islam dalam konteks zaman modern. Perbandingan antara pola ijtihad Ahmad Azhar Basyir dan Sahal Mahfudz dalam pembaruan hukum Islam dapat memberikan wawasan yang berguna tentang pendekatan dan metode yang mereka gunakan. Ahmad Azhar Basyir cenderung menggunakan berbagai sumber hukum Islam, termasuk al-Qur’an, hadist, ijma’, qiyas, dan maslahah mursalah (kepentingan umum). Sahal Mahfudz Lebih condong pada penggunaan maslahah mursalah (kepentingan umum) sebagai prinsip utama dalam ijtihad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ahmad Azhar Basyir, Pembaruan, Sahal Mahfudz
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Muchammad Choirul Umam Sdr
Date Deposited: 26 Apr 2024 09:15
Last Modified: 26 Apr 2024 09:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24542

Actions (login required)

View Item View Item