ANALISIS PERATURAN BUPATI TEGAL NOMOR 16 TAHUN 2020 PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Atas Penerapan Pemberian Bantuan Sosial Jaminan Hidup Bagi Lansia di Desa Wangandawa Kecamatan Talang Kabupaten Tegal)

Merliandra, Gita Heranisa (2024) ANALISIS PERATURAN BUPATI TEGAL NOMOR 16 TAHUN 2020 PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Atas Penerapan Pemberian Bantuan Sosial Jaminan Hidup Bagi Lansia di Desa Wangandawa Kecamatan Talang Kabupaten Tegal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MERLIANDRA GITA HERANISA-1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program bantuan sosial jaminan hidup bagi lansia yang diterapkan pemerintah melalui Dinas Sosial Kabupaten Tegal untuk mensejahterakan masyarakat kaum lansia sehingga mereka bisa menikmati hidup yang berkecukupan. Pemberian bantuan sosial lanjut usia diutamakan bagi lanjut usia yang mengalami kondisi tidak ada yang bertanggung jawab memelihara, tidak punya penghasilan, dan bergantung belas kasihan warga sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peraturan bupati tegal nomor 16 tahun 2020 terhadap pemberian bantuan sosial jaminan hidup bagi lansia dan meninjau perspektif mas}lah}ah terhadap program bantuan sosial jaminan hidup bagi lansia. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dengan pengambilan sumber lokasi di Dinas Sosial Kabupaten Tegal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer yang digunakan yaitu Peraturan Bupati Tegal nomor 16 tahun 2020 tentang petunjuk teknis pemberian bantuan sosial jaminan hidup bagi lansia, hasil wawancara dengan kepala bidang rehabilitasi sosial, pendamping lapangan bantuan sosial dan warga lansia yang mendapat bantuan sosial jaminan hidup. Sedangkan sumber data sekunder berupa perundang-undangan, buku kepustakaan, berita, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Sosial Kabupaten Tegal sebagai penyalur dana bantuan sosial dalam penerapan Peraturan Bupati Tegal nomor 16 tahun 2020 tentang petunjuk teknis pemberian bantuan sosial jaminan hidup bagi lanjut usia sudah diterapkan dengan mekanisme pencairan secara berkala atau bertahap kepada penerima bantuan sosial jaminan sosial bagi lansia di Desa Wangandawa. Meskipun secara praktik dilapangan pencairan bantuan sosial jaminan hidup bagi lansia dilakukan 2 bulan sekali dalam satu tahun. Bantuan sosial jaminan hidup bagi lanjut usia ini tergolong dalam Mas}lah}ah dharuriyah yang artinya segala hal yang menjadi sendi eksistensi kehidupan manusia, harus ada demi kemaslahatan mereka, yaitu kemaslahatan yang berhubungan dengan kebutuhan pokok umat manusia di dunia dan di akhirat. Dinas sosial kabupaten tegal menerapkan program bantuan sosial jaminan hidup bagi lansia ini bertujuan untuk menyempurnakan kemaslahatan kehidupan masyarakat lansia dan mempermudah lansia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: MERLIANDRA GITA HERANISA sdr
Date Deposited: 27 Apr 2024 02:12
Last Modified: 27 Apr 2024 02:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24537

Actions (login required)

View Item View Item