PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII C DI MTS MA’ARIF NU 01 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Syifahul, Irham (2024) PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII C DI MTS MA’ARIF NU 01 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Syifahul Irham_Penerapan Strategi Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Arab kelas VIII C di MTs Ma'arif NU 01 Patikraja Kabupaten Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan upaya untuk mengarahkan peserta didik kedalam proses belajar, sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar yang sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pendidikan dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Adapun tujuan pendidikan adalah pencapaian perubahan pada peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dengan kata lain, tujuan pembelajaran merupakan sasaran akhir yang diharapkan guru setelah melaksanakan program pembelajarannya. Belajar Bahasa Arab juga merupakan usaha yang tidak mudah dan kadang menjenuhkan serta membuat frustrasi. Oleh karena itu, untuk mengurangi kejenuhan dan frustasi, pembelajaran yang aktif sangatlah cocok sebagai alternatif pendekatan pembelajaran Bahasa Arab. Salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping. Mind mapping dapat dilakukan dengan membuat materi atau bahan pelajaran menjadi suatu peta pikiran (memetakan pikiran kita). Diharapkan mind mapping dapat membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran di kelas dengan meringkas materi-materi pelajaran. Strategi Mind mapping, MTs Ma’arif NU Patikraja kelas VIII C, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Bahasa Arab telah menggunakan strategi mind mapping. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif-kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada. Data yang dicari adalah data kualitatif tentang bagaimana Penerapan Strategi Mind mapping dalam Pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII C di MTs Ma’arif NU 1 Patikraja. Penerapan strategi mind mapping digunakan oleh guru dengan menjelaskan tentang instruksi pemetaan, dan setelah materi disampaikan kepada siswa, lalu dibentuk kelompok yang terdiri dari 4 siswa dari masing-masing kelompok. Dengan menyiapkan selembar kertas dalam landscape kemudian topik yang akan dibahas diletakkan ditengah kertas, dibuat garis-garis cabang yang saling berhubungan. Siswa dalam belajar Bahasa Arab di kelas VIII C menunjukkan hasil yang cukup baik dan siswa terlihat lebih aktif dan termotivasi untuk belajar Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Mind Mapping, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syifahul l Irham sdr
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:00
Last Modified: 26 Apr 2024 08:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24528

Actions (login required)

View Item View Item