MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS ASWAJA DI MI MA'ARIF NU KERTANEGARA DESA KERTANEGARA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA

Rijalul, Khamdi (2024) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS ASWAJA DI MI MA'ARIF NU KERTANEGARA DESA KERTANEGARA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rijalul Khamdi_Manajemen Kurikulum Berbasis Aswaja Di MI Ma'arif NU Kertanegara Desa kertanegara Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen kurikulum berbasis aswaja yang ada di MI Ma’arif NU Kertanegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum berbasis aswaja yang ada di MI Ma’arif NU Kertanegara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena yang terjadi terhadap subjek yang diteliti dan mampu menghasilkan data yang bersifat deskriptif, dengan bentuk dokumen tulisan dan juga bentuk lisan yang peneliti peroleh melalui tahapan wawancara, dokumentasi dan observasi pada saat penelitian. Tahapan analisis data penulis menggunakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pada tahapan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum berbasis aswaja di MI Ma’arif NU Kertanegara sebagai berikut : (1) perencanaan manajemen kurikulum berbasis aswaja di MI Ma’arif NU Kertanegara dilakukan untuk menanamkan karakter pada anak sesuai dengan anjuran Rasulullah. Dengan merencanakan tujuan pembelajaran, program tahunan, program semester dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. (2) pengorganisasian manajemen kurikulum di MI Ma’arif NU Kertanegara meliputi pembagian tugas dari masing-masing guru sesuai dengan bidang yang dikuasai oleh guru tersebut. (3) pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis aswaja dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Melaksanakan pembelajaran dengan menekankan penanaman nilai-nilai karakter berbasis aswaja seperti penanaman karakter religius melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran tradisi aswaja seperti pembacaan tahlil, sholawat, istighosah, ziaroh kubur dan hafalan juz ‘amma. Penanaman karakter disiplin, kerja keras, kreatif dan rasa ingin tahu. (4) evaluasi manajemen kurikulum di MI Ma’arif NU Kertanegara dilakukan oleh kepala madrasah dan guru. Evaluasi dilakukan dengan cara guru melaporkan hasil pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan pada setiap akhir semester yaitu semester ganjil dan semester genap. Faktor pendukung dari pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis aswaja yaitu Banyaknya dukungan dari masyarakat dan orang tua wali murid, antusias dari siswa terhadap kegiatan-kegiatan pengamalan aswaja, kondisi dan suasana lingkungan yang cocok dengan pengadaan kegiatan pengamalan tradisi aswaja. Sedangkan Faktor penghambatnya yaitu kemampuan siswa yang beragam, kurangnya pemerataan tugas guru pada saat kegiatan, terbatasnya Sarana Prasarana Penunjang Kegiatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum Berbasis Aswaja
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.9 Islam tentang Agama/ Aliran Lain
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rijalul Khamdi sdr
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:41
Last Modified: 26 Apr 2024 07:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24519

Actions (login required)

View Item View Item