Analisis Terhadap Praktik Jual Beli Larva Black Soldier Fly (Maggot) Perspektif Fatwa MUI No. 24 Tahun 2019 (Studi Kasus di BSN Al-Ihya 'Ulumaddin Kesugihan Cilacap)

Tri Apri, Lestari (2024) Analisis Terhadap Praktik Jual Beli Larva Black Soldier Fly (Maggot) Perspektif Fatwa MUI No. 24 Tahun 2019 (Studi Kasus di BSN Al-Ihya 'Ulumaddin Kesugihan Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TRI APRI LESTARI_ANALISIS TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI LARVA BLACK SOLDIER FLY (MAGGOT) PERSPEKTIF FATWA MUI NO. 24 TAHUN 2019 (STUDI KASUS DI BSN AL-IHYA 'ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Larva black soldier fly (maggot) merupakan sejenis belatung serangga dari keluarga lalat tentara hitam yang sangat mudah berkembang biak dan sangat aktif memakan sampah organik. Sampah merupakan sesuatu yang sangat menjijikan dan najis. Di dalam Fatwa MUI No. 24 Tahun 2019 menyatakan bahwa larva black soldier fly (maggot) merupakan salah satu jenis hewan hasyarat. Mengkonsumsi hewan hasyarat adalah haram. Namun, banyak sejumlah masyarakat khususnya di BSN Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap yang membudidayakan dan memperjualbelikan larva black soldier fly (maggot). Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dirumuskan bagaimana praktik jual beli larva black soldier fly (maggot) di BSN Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap dan bagaimana analisis praktik jual beli larva black soldier fly (maggot) di BSN Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap? Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah normatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengkaji hukum yang berlaku dan menganalisa kebiasaan masyarakat dalam sebuah praktik jual beli larva black soldier fly (maggot) di BSN Al-Ihya ‘Ulumaddin yang dengan segala permasalahannya secara hukum kemudian dianalisis secara Fatwa MUI. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik jual beli larva black soldier fly (maggot) di BSN Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap tersebut seperti transaksi jual beli pada umumnya, pembeli datang ke BSN Al-Ihya ‘Ulumaddin untuk membeli larva black soldier fly (maggot). Selain dijual secara manual, larva black soldier fly (maggot) juga dijual secara online di aplikasi Shopee, Tokopedia, dan Facebook dengan menggunakan JNE, JNT, dan jasa kirim lainnya. Menurut Fatwa MUI No. 24 Tahun 2019 jual beli larva black soldier fly (maggot) di BSN Al-Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap diperbolehkan karena larva black soldier fly (maggot) tidak dikonsumsi oleh manusia tetapi diambil manfaatnya untuk pakan hewan ternak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: TRI APRI LESTARI sdri
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:33
Last Modified: 26 Apr 2024 08:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24518

Actions (login required)

View Item View Item