NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM BUKU BIDADARI BUMI 2; 9 KISAH WANITA SALEHAH KARYA USTADZAH HALIMAH ALAYDRUS

Izka, Ma'lufah Agustiana (2024) NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM BUKU BIDADARI BUMI 2; 9 KISAH WANITA SALEHAH KARYA USTADZAH HALIMAH ALAYDRUS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Izka Ma'lufah Agustiana_Nilai-nilai Religius dalam Buku Bidadari Bumi 2; 9 Kisah Wanita Salehah Karya Ustadzah Halimah Alaydrus.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini karakter anak bangsa mengalami penurunan moral seperti yang melanda masyarakat. Terutama bagi wanita muslimah yang abad ini mengalami krisis keteladanan wanita salehah, yang mana pada zaman sekarang ini banyak maksiat dan dosa menjadi sesuatu yang lumrah dan merajalela dimana-mana. Oleh karena itu, nilai-nilai religius yang diterapkan kepada anak khususnya wanita sangat berpengaruh terhadap moral anak. Salah satu media yang dapat dijadikan sebagai acuan keteladanan dalam menjalankan kehidupan yang Islami dan banyak mengandung nilai keagamaan/religius yaitu dengan membaca sebuah kisah nyata dari buku Bidadari Bumi 2; 9 Kisah Wanita Salehah karya Ustadzah Halimah Alaydrus. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai religius yang terkandung dalam buku Bidadari Bumi 2; 9 Kisah Wanita Salehah karya Ustadzah Halimah Alaydrus menjadi teladan bagi wanita muslimah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai religius yang terkandung dalam buku Bidadari Bumi 2; 9 Kisah Wanita Salehah sebagai teladan bagi wanita muslimah. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun sumber data primer yang digunakan pada penelitian ini yaitu buku Bidadari Bumi 2; 9 Kisah Wanita Salehah karya Ustadzah Halimah Alaydrus, sedangkan data sekunder berupa referensi lain yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan metode dokumentasi dengan analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis), dengan membaca berulang-ulang kemudian menganalisis dan mencatat kata, kalimat, ungkapan yang mengandung nilai religius yang menjadi bahan kajian skripsi. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis dengan jalan mengidentifikasi data berdasarkan butir masalah dan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai-nilai religius yang terdapat dalam buku Bidadari Bumi 2; 9 Kisah Wanita Salehah adalah dibagi menjadi 3 yaitu nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Nilai akidah (keimanan) yang tertuang dalam rukun iman, yang ditemukan peneliti meliputi iman kepada Allah, iman kepada Rasul-rasul Allah, iman kepada hari akhir (kiamat), iman kepada qadha’ dan qadar. Nilai ibadah yang ditemukan peneliti meliputi ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah. Nilai akhlak (budi pekerti) yang ditemukan peneliti meliputi akhlak yang berhubungan dengan Allah, akhlak terhadap Rasulullah, akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap guru, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap sesama manusia/kerabat, dan akhlak terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Religius, Bidadari Bumi, Wanita Salehah
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Izka Ma'lufah Agustiana sdri
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:34
Last Modified: 26 Apr 2024 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24512

Actions (login required)

View Item View Item