PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI UMKM YANG DIKELOLA OLEH POKDARWIS BANJARANDAP DI DESA BANJARAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Dzawi, Rohmawati (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI UMKM YANG DIKELOLA OLEH POKDARWIS BANJARANDAP DI DESA BANJARAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Safifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PMI_2017104070_Dzawi Rohmawati (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya dalam membangun masyarakat yang mandiri dan sejahtera yang dilakukan secara terstruktur dan terorganisir. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan locality development yang mampu mengembangkan potensi lokal sehingga masyarakat juga bisa berperan aktif dalam setiap prosesnya. Pokdarwis Banjarandap merupakan kelompok masyarakat yang menjadi wadah bagi masyarakat Desa Banjaran dalam melakukan program pemberdayaan mulai tahap perencanaan hingga evaluasi program, khususnya pengelolaan UMKM yang terdapat di Obyek Wisata Banjarandap. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi, proses, dan pendekatan Pokdarwis Banjarandap dalam melakukan proses pemberdayaan di Desa Banjaran Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian berupa pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pokdarwis Banjarandap melakukan strategi pemberdayaan terhadap masyarakat lokal diantaranya yaitu, pembinaan dan pengelolaan UMKM, pengelolaan Desa Wisata dengan mengadakan paket wisata, serta perlindungan dan pemeliharaan lingkungan dan budaya. Program-program tersebut bertujuan guna menciptakan partisipasi masyarakat lokal secara aktif, sehingga masyarakat menjadi pemeran utama dalam proses pemberdayaan. Pendekatan pemberdayaan yang dilakukan oleh Pokdarwis Banjarandap menggunakan pendekatan locality development. Dengan seperti itu maka akan membangun perekonomian baru hingga mampu mengoptimalisasi sumber daya yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat, locality development, UMKM.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dzawi Rohmawati sdri
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:39
Last Modified: 26 Apr 2024 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24507

Actions (login required)

View Item View Item