PESAN ANTI KEKERASAN DALAM VIDEO GLOBAL CAMPAIGN “LOVE MYSELF” OLEH BANGTAN SONYEONDAN (BTS) PADA YOUTUBE HYBE LABELS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Nia Azzuni, Amanda (2024) PESAN ANTI KEKERASAN DALAM VIDEO GLOBAL CAMPAIGN “LOVE MYSELF” OLEH BANGTAN SONYEONDAN (BTS) PADA YOUTUBE HYBE LABELS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nia Azzuni Amanda_PESAN ANTI KEKERASAN DALAM VIDEO GLOBAL CAMPAIGN “LOVE MYSELF” OLEH BANGTAN SONYEONDAN (BTS) PADA YOUTUBE HYBE LABELS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masifnya tindak kekerasan yang terjadi memberikan dampak serius bagi para korban, kesadaran akan urgensi masalah kekerasan mendorong BTS dan UNICEF, selaku dua figur berpengaruh di dunia, untuk bersatu dalam upaya menciptakan gerakan global dengan menyampaikan sebuah pesan melalui video dari kampanye mereka yang bertajuk Love Myself. Video sebagai salah satu media komunikasi massa memiliki peran besar dalam menyampaikan sebuah pesan kepada khalayak umum, termasuk pesan untuk saling menebar cinta dan kebaikan pada sesama serta menghapus segala bentuk kekerasan. Jenis penelitian yang diterapkan dalam kajian ini adalah kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis semiotika, dengan mengadopsi model semiotika dari Roland Barthes. Dalam metodologi tersebut, Barthes mengembangkan dua sistem penandaan bertingkat, yakni denotasi dan konotasi. Pada signifikasi tahap kedua yang terkait dengan isi, tanda bekerja melalui konsep mitos. Hasil penelitian ini menunjukan makna denotasi yaitu terdapat dinamika kehidupan sosial para remaja yang melibatkan pengalaman menyedihkan hingga terjadinya kekerasan. Makna konotasisnya adalah tindakan yang seharusnya diambil dalam menyikapi berbagai konflik dalam setiap aktivitas manusia agar dapat mewujudkan atmosfer saling mengasihi serta menghapuskan segala bentuk kekerasan. Mitosnya adalah potensi bahaya di sekolah tak terhindarkan, kekuatan fisik dan kelompok mendominasi yang lemah, musik hanya hiburan biasa, masyarakat modern individualis, kerukunan dipengaruhi situasi, dan kepercayaan diri berasal dari faktor eksternal. Terdapat beberapa pesan anti kekerasan dalam pandangan Islam seperti menghindari segala bentuk penindasan, menghindari segala bentuk kekerasan, pengelolaan emosi, tolong menolong, saling menjaga kerukunan, memperkuat rasa percaya diri. Kata Kunci : Anti Kekerasan, Video, Love Myself, Semiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anti Kekerasan, Video, Love Myself, Semiotika.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nia Azzuni Amanda sdri
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:33
Last Modified: 26 Apr 2024 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24505

Actions (login required)

View Item View Item