PENERAPAN SELF ASSESSMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 6 PURWOKERTO

Azzahra, Wiarto (2024) PENERAPAN SELF ASSESSMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 6 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Azzahra Oktaviani Wiarto_PENERAPAN SELF ASSESSMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 6 PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penerapan self assessment dalam pembentukan karakter merupakan proses penilaian yang melibatkan siswa dalam melakukan penilaian diri dan pendidik berfokus pada penilaian pengembangan kemampuan karakter siswa. Adapun peneliti memfokuskan penelitian pada self assessment dalam pembentukan karakter pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Purwokerto. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan self assessment dalam pembentukan karakter pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun subjek dalam penelitian adalah guru PAI dan Budi Pekerti ,siswa-siswi,Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Purwokerto. teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu melalui observasi, dokumentasi, wawancara. Hasil temuan pertama mengenai karakter yang dibentuk dalam penerapan self assessment yaitu taat beribadah, kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kerjasama/gotong royong, mandiri. tahapan-tahapan dalam pelaksanaan self assessment dalam pembentukan karakter yaitu menentukan materi, membuat lembar penilaian (self assessment), siswa melakukan penilaian, pendidik mengevaluasi hasil penilaian. dan penilaian yang mendukung penerapan self assessment dalam pembentukan karakter yaitu peer assessment, penilaian wali kelas. temuan kedua mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan self assessment dalam pembentukan karakter pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Purwokerto. Faktor pendukungnya pemahaman guru mengenai self assessment, adanya evaluasi, pembuatan rencana pembelajaran. faktor penghambatnya siswa belum terbiasa dengan penerapan self assessment, siswa subjektif dalam melakukan penilaian, sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self assessment, pembentukan karakter, pembelajaran
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azzahra Oktaviani Wiarto sdri
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:37
Last Modified: 26 Apr 2024 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24502

Actions (login required)

View Item View Item