ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM PENGUPAHAN PADA PENARIK DANA PEMBANGUNAN MASJID AL-BAROKAH DESA PUCUNG KIDUL KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Arfa'a, Ghorba Rahmawan (2024) ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM PENGUPAHAN PADA PENARIK DANA PEMBANGUNAN MASJID AL-BAROKAH DESA PUCUNG KIDUL KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Arfa'a Ghorba Rahmawan_Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sistem Pengupahan pada Penarik Dana Pembangunan Masjid Al-Barokah Desa Pucung Kidul Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menetapkan upah yang adil bagi seorang buruh sesuai kehendak syari’ah bukan suatu pekerjaan yang mudah. Kompleksitas permasalahannya terletak pada ukuran yang akan digunakan dan dapat membantu mentransformasikan konsep upah yang adil ke dalam dunia kerja. Upah ditetapkan dengan cara paling tepat tanpa harus menindas pihak manapun, tanpa adanya ketidakadilan terhadap pihak lain. Seperti halnya praktik pengupahan yang terjadi pada penarik dana pembangunan Masjid Al-Barokah Pucung Kidul dimana pemberian upahnya tidak sesuai dengan perjanjian diawal dan upahnya diambil dari dana infaq dan shadaqoh yang terhimpun maka penting untuk dilakukan riset tentang hukum ekonomi syariahnya yakni pada bagaimanakah analisis hukum ekonomi syariah pada pemberian upah pada penarik dana pembangunan Masjid Al-Barokah Desa Pucung Kidul Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap dengan memakai uang yang didapat dari shodaqoh dan infaq masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pengambilan sumber lokasi di Masjid Al-Barokah Desa Pucung Kidul Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan tiga penarik dana pembangunan Masjid Al-Barokah dan tiga panitia pembangunan Masjid Al-Barokah. Sedangkan sumber data primer diambil dari buku-buku fikih dan hasil penelitian terdahulu. Adapun metode analisis data yang ada pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian dilapangan tentang sistem pengupahan pekerja penghimpun dana pembangunan Masjid al Barokah Desa pucung kidul kecamatan kroya kabupaten cilacap adalah pembayaran upah untuk pekerja pencari dana menggunakan sistim pembayaran harian dengan ketentuan pekerja akan mendapatkan upah Rp 50.000 jika dana yang terkumpul dari pencari dana minimal Rp 1.000.000 atau lebih jika di bawah Rp 1.000.000 pekerja mendapat upah Rp 30.000 untuk upah hariannya. Secara Hukum Islam sistem pembayaran upah pekerja pencari dana pembangunan Masjid Al-Barokah Desa Pucung Kidul Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap sudah sesuai dengan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah, Pengupahan, Penarik Dana Pembangunan Masjid.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Arfa'a Ghorba Rahmawan sdr
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:32
Last Modified: 26 Apr 2024 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24497

Actions (login required)

View Item View Item