ANALISIS SOAL PADA BUKU MATEMATIKA KELAS XII KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN ASPEK KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI

Tri, Windi Astuti (2024) ANALISIS SOAL PADA BUKU MATEMATIKA KELAS XII KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN ASPEK KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tri Windi Astuti_Analisis Soal Pada Buku Matematika Kelas XII Kurikulum Merdeka Berdasarkan Aspek Kognitif Taksonomi Bloom Revisi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Buku teks merupakan sarana penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Soal-soal yang tersedia didalamnya hendaknya memiliki kualitas yang baik. Untuk itu, analisis soal sangatlah penting dilakukan untuk mengetahui kualitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas soal pada buku matematika kelas XII kurikulum merdeka yang ditulis oleh Mohammad Tohir, dkk yang diterbitkan oleh pusat perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek tahun 2022 berdasarkan aspek kognitif Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research), dengan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah soal latihan dan uji kompetensi pada buku matematika kelas XII kurikulum merdeka yang diterbitkan pusat perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek tahun 2022. Adapun metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan metode analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal latihan dan soal uji kompetensi pada buku matematika kelas XII kurikulum merdeka yang ditulis oleh Mohammad Tohir, dkk yang diterbitkan oleh pusat perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek tahun 2022 belum memenuhi standar soal yang baik dilihat dari penyebaran aspek kognitif Taksonomi Bloom Revisi yang belum proporsional. Soal dengan kategori sedang (C3 dan C4) sangat mendominasi, disusul dengan kategori mudah (C1 dan C2) kemudian kategori sukar (C5 dan C6) yang hanya terdiri dari beberapa soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis soal, Buku teks, Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: TRI WINDI ASTUTI sdr
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:31
Last Modified: 26 Apr 2024 06:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24496

Actions (login required)

View Item View Item