PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMP DARUSSA’ADAH CILONGOK BANYUMAS

Habib, Ikhda Athoillah (2014) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMP DARUSSA’ADAH CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HABIB IKHDA ATHOILLAH_1817402274.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat peserta didik, media pembelajaran juga dapat membantu peserta didik meningkatkan pemahamannya. Seorang guru diharapkan mampu menciptakan pembaharuan pembelajaran aktif dan harus memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas serta keahlian dalam bidang agama Islam maupun teknologi modern di era globalissi ini, serta memiliki sikap dan kedewasaan yang baik sehingga dapat menjadi contoh yang baik bagi peserta didiknya. Oleh karena itu diperlukan guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki wawasan yang luas serta mampu memanfaatkan sumber belajar yang ada untuk mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan agma islam di SMP Darussa’adah Cilongok Banyumas. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Metode dalam pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan menganalisis data, penulis menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan conclusion/kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang digunakan SMP Darussa’adah Cilongok Banyumas Besar pada mata pelajaran pendidikan agama islam belum terealisasikan dengan maksimal. Dari empat media yang ada di SMP Darussa’adah Cilongok, Hanya ada tiga Media yang digunakan kebanyakan masih bersifat umum, menggunakan media visual seperti buku paket, audio-visual seperti laptop dan proyektor serta kinestetik seperti bermain game, dan Media Audio yang masih jarang untuk digunakan. Adapun media internet yang sangat jarang digunakan. Hal ini sejalan dengan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru. seperti, ketersediaan media audio-visual seperti media elektronik yang kurang mencukupi, sehingga hal tersebut menghambat guru dalam pelaksanaannya untuk menunjang proses belajar mengajar. Kata Kunci: Pemanfaatan, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Habib Ikhda Athoillah sdr
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:35
Last Modified: 26 Apr 2024 06:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24495

Actions (login required)

View Item View Item