ANALISIS TAHAP BERPIKIR GEOMETRI SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DI MTS MA’ARIF SIKAMPUH KROYA

Anis, Ismah Amelia (2024) ANALISIS TAHAP BERPIKIR GEOMETRI SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DI MTS MA’ARIF SIKAMPUH KROYA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anis Ismah Amelia_Analisis Tahap Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele di Mts Maarif Sikampuh Kroya.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berpikir merupakan proses yang berkesinambungan mencakup interaksi dari suatu rangkaian pikiran. Keterampilan berpikir geometri sangatlah penting untuk memahami konsep matematika dalam menerangkan representasi geometris. Geometri juga efektif untuk membantu menyelesaikan permasalahan dalam banyak cabang matematika. Dalam penelitian tahap berpikir geometri siswa adanya keterkaitan konsep dari teori van hile yang menyatakan bahwa tahap-tahap atau perkembangan mental siswa dalam memahami geometri itu adalah: pengenalan, analisis, pengurutan, dedukasi, dan keakuratan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahap berpikir geometri siswa berdasarkan teori van hiele di MTs Ma’arif Sikampuh Kroya. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Teknik Pengumpulan data, dilakukan dengan cara wawancara dan tes atau pembagian soal matematika. Teknik penelitian ini berdasarkan data deskriptif kualitatif baik reduksi data, penyampaian dan tahap akhir kesimpulan. Hasil Penelitian ini menujukan aktual siswa dapat menyelesaikan masalah matematika pada pokok bahasan Analisis Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele di MTs Ma’arif Sikampuh Kroya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Berpikir Geometri, Matematika, Teori Van Hiele
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Anis Ismah Amelia sdr
Date Deposited: 26 Apr 2024 04:28
Last Modified: 26 Apr 2024 04:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24486

Actions (login required)

View Item View Item