Yudo, Nurcholis (2024) PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI PERSONAL BRANDING (Analisis Teori Peter Montonya Pada Akun Instagram Arief Muhammad). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
YUDO SKRIPSI_PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI PERSONAL BRANDING (Analisis Teori Peter Montonya Pada Akun Instagram Arief Muhammad).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Brand pada dasarnya sangat melekat pada sebuah Corporate atau perusahaan saja, namun sebenarnya brand juga terdapat dalam diri individu yang lebih dikenal dengan personal branding. Upaya dalam membangun personal branding yang baik di era kecanggihan teknologi saat ini merupakan hal yang penting. Kontestasi dalam persaingan membangun personal branding saat ini dimudahkan dengan adanya internet. Penggunaan internet yang sangat mudah dalam mengaksesnya membuat lahan baru dalam membangun personal branding. Dampak kemudahan mengakses internet ini membuat selebgram Arief Muhammad memanfaatkan teknologi media sosial yaitu Instagram, segala bentuk aktifitas yang beliau lakukan sehari-hari selalu didokumentasi melalui foto, video ataupun tulisan yang beliau unggah melalui Instagramnya dari tanggal 25 Maret hingga 5 Februari, peneliti berusaha membedah terhadap pembentukan personal branding pada unggahan akun Instagramnya menggunakan The Eight Law of Personal Branding milik Peter Montoya apakah sesuai dengan kepribadian aslinya atau hanya sekedar pncitraan semata yang beliau lakukan untuk memnuhi konten di media sosial Instagramnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan model kualifikasi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi, dengan menginterpretasikan dan menganalisis data-data yang ada berdasarkan teori yang digunakan peneliti untuk menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada unggahan akun Instagram Arief Muhammad dapat menunjukan bahwa personal branding Arief Muhammad memenuhi kedelapan konsep personal branding milik Peter Montoya yaitu: 1. The Law of Spesialication (Spesialisasi), 2. The Law of Leadership (Kepemimpinan), 3. The Law of Personality (Kepribadian), 4. The Law of Distinctiveness (Perbedaan), 5. The Law of Visibility (Terlihat), 6. The Law of Unity (Kesatuan), 7. The Law of Persintence (Keteguhan), 8. The Law of Goodwill (Nama Baik). Namun untuk mengimbangi semua personal branding yang dilakukan Arief Muhammad, peneliti mengambil sisi respon negatif terhadap unggahannya untuk mengimbangi apakah personal branding yang dilakukan tetap berhasil atau bisa dikatakan tidak berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Personal branding, Selebgram, Media Sosial |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Yudo Nurcholis sdr |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 04:02 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 04:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24479 |
Actions (login required)
View Item |