REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BIOGRAFI K.H. A. DJAZULI UTSMAN SANG BLAWONG PEWARIS KELUHURAN (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Hasan, Nurofi (2024) REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BIOGRAFI K.H. A. DJAZULI UTSMAN SANG BLAWONG PEWARIS KELUHURAN (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Hasan Nurofi_REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BIOGRAFI K.H. A. DJAZULI UTSMAN SANG BLAWONG PEWARIS KELUHURAN (Analisis Semiotika Roland Barthes).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak di Indonesia seharusnya bukan merupakan suatu hal yang tabu, karena Indonesia merupakan negara terbesar di dunia yang menganut ajaran Islam. Kedudukan akhlak dalam Islam sangatlah penting dan Rasulullah saw. menempatkan penyempurnaan akhlak yang mulia sebagai misi dalam dakwahnya. Akan tetapi, pendidikan akhlak saat ini telah banyak mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern dan menyebabkan banyak kemerosotan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam biografi K.H. Ahmad Djazuli Utsman Sang Blawong Pewaris Keluhuran. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka). Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, dengan menentukan penanda dan petanda dalam teks untuk kemudian dipahami makna denotasi, konotasi, maupun mitosnya. Berdasarkan data yang diteliti menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam biografi K.H. Ahmad Djazuli Utsman Sang Blawong Pewaris Keluhuran. Dalam hal ini penulis menemukan empat nilai pendidikan akhlak, antara lain: akhlak kepada Allah Swt. (taat kepada perintah-Nya, rida terhadap ketentuan-Nya, bertaubat, selalu berusaha mencari rida Allah Swt., selalu berzikir kepada Allah Swt., selalu berdoa kepada Allah Swt., dan bertawakal kepada Allah Swt.; akhlak kepada diri sendiri (shidiq [benar atau jujur], amanah, istiqamah, iffah, mujahadah, syaja’ah [berani], tawadhu [rendah hati], malu, sabar, maaf, dan disiplin); akhlak kepada sesama manusia (akhlak kepada ayah, ibu, dan orang tua, akhlak terhadap saudara, akhlak kepada tetangga dan teman); dan akhlak kepada alam sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Akhlak, Semiotika
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: HASAN NUROFI sdr
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:24
Last Modified: 26 Apr 2024 06:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24467

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item