IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (P5PPRA) DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS 4 MIN 1 CILACAP

Latifa, Lina Fadila (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (P5PPRA) DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS 4 MIN 1 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Latifa Lina Fadila_Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5PPRA) Dalam Kurikulum Merdeka Pada Kelas 4 MIN 1 Cilacap.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan lil Alamin (P5PPRA) dalam kurikulum merdeka pada kelas 4 MIN 1 Cilacap berdasarkan apa yang terjadi di lapangan. Adapun fokus penelitian ini adalah pelaksanaan P5PPRA dan faktor-faktor yang mempengaruhi terlaksananya P5PPRA ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam implementasi P5PPRA di kelas 4 MIN 1 Cilacap ada 1) perencaan projek yakni dengan membentuk tim fasilitator sesuai dengan kebutuhan projek, menilai kesiapan satuan pendidikan, memilih tema, dimensi dan jadwal projek, serta penyusunan modul projek. 2) pelaksanaan kegiatan projek dengan tahap pelaksanaan pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut. 3) evaluasi P5PPRA kelas 4 MIN 1 Cilacap dilaksanakan sesuai pada penilaian yang dipakai oleh guru fasilitator yakni penilaian unjuk kerja, penilaian hasil produk dan penilaian kemampuan dan sikap baik melalui tertulis maupun pengamatan. Selain pelaksanaan, terdapat faktor yang mempengaruhi pelaksanaan P5PPRA yakni terdapat faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Dimana faktor pendukungnya antaralain adanya dukungan dari berbagai pihak, sarana dan prasarana; dan menyediakan anggaran pembuatan projek. Kemudian faktor penghambat antaralain: P5PPRA sebagai salah satu program kurikulum baru: belum semua guru melaksanakan pelatihan terkait kurikulum merdeka khususnya P5PPRA; kurangnya pemahaman bahwa sekarang terdapat kegiatan P5PPRA; dan kurangnya pemahaman guru terhadap P5PPRA. Dengan mengetahui adanya faktor pendukung dan faktor penghambat, menjadikan evaluasi agar faktor pendukung di perkuat serta faktor penghambat dicarikan solusi. Sehingga kegiatan P5PPRA di MIN 1 Cilacap dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, P5PPRA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, P5PPRA
Subjects: 000 Generalities > 003 Systems
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Latifa Lina Fadila sdri
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:21
Last Modified: 26 Apr 2024 02:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24459

Actions (login required)

View Item View Item