ANALISIS KELALAIAN BUPATI MOROWALI DALAM PENYERAHAN DOKUMEN IZIN USAHA PERTAMBANGAN PERSPEKTIF ASAS-ASAS UMUM PEMERINTAH YANG BAIK (Studi Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara No: 61/G/TF/2021/PTUN.PL)

Nur, Sodik (2024) ANALISIS KELALAIAN BUPATI MOROWALI DALAM PENYERAHAN DOKUMEN IZIN USAHA PERTAMBANGAN PERSPEKTIF ASAS-ASAS UMUM PEMERINTAH YANG BAIK (Studi Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara No: 61/G/TF/2021/PTUN.PL). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
nursodik_ANALISIS KELALAIAN BUPATI MOROWALI DALAM PENYERAHAN DOKUMEN IZIN USAHA PERTAMBANGAN PERSPEKTIF ASAS-ASAS UMUM PEMERINTAH YANG BAIK(Studi Putusan Pengadilan Tata Usaha Neg.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Purwokerto Bupati Morowali melakukan sebua tindakan yang bertentangan dengan amanat yang diatur dalam Pasal 404 Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Penelitian ini akan menganalisis pertimbangan hakim dalam memutus sengketa TUN dan menganalisis kelalaian Bupati Morowali dari sudut pandang Asas-asas umum pemerintahan yang baik Penelitian yang penulis lakukan termasuk penelitian kepustakaan (library research) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi yang bersumber dari datadata kepustakaan seperti buku, kitab dan artikel. Adapun pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah yuridisnormatif, yakni penelitian yang difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidahkaidah atau norma-norma dalam hukum positif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Sumber data primer yang digunakan yaitu salinan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara No.61/G/TF/2021/PTUN.PL. Hasil penelitian menunjukan tentang amanat Pasal 404 Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang mengharuskan Bupati Morowali menyerahkan semua dokumen pertambangan kepada Gubernur Sulawesi Tengah. Pertimbangan yang digunakan Hakim dalam memutus sengketa TUN sudah sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan memperhatikan Asas-Asas Umum Pemerintahan Yang baik dan telah sesuai dengaan kompetensinya yaitu hanya memutus pada pokok sengketa saja. Serta menunjukkan bahwa Bupati Morowali telah melanggar asas ketidakberpihakan karena tidak menyerahkan dokumen izin usaha pertambangan milik PT.Nusa Mineral Semesta. Kata kunci: Kelalaian Bupati, Analisis Pertimbangan Hakim, Dokumen Izin Usaha Pertambangan, Asas-asas Umum Pemerintahan Yang Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelalaian Bupati, Analisis Pertimbangan Hakim, Dokumen Izin Usaha Pertambangan, Asas-asas Umum Pemerintahan Yang Baik
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik > 2x6.22 Sistem Pemerintahan
300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Nur Sodik
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:20
Last Modified: 26 Apr 2024 01:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24454

Actions (login required)

View Item View Item