PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRATUL ISTIMĀ’ SANTRI KELAS 5 IBTIDA’ PONDOK PESANTREN AL IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Khoerul, Mukarom (2024) PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRATUL ISTIMĀ’ SANTRI KELAS 5 IBTIDA’ PONDOK PESANTREN AL IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khoerul Mukarom-Penggunaan Media Film dalam Pembelajaran Mahāratul Istimā’ Santri Kelas 5 Ibtida’ Pondok Pesantren Al Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertumpu pada persoalan dalam kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Al Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas. Media pembelajaran merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan untuk menunjang sebuah keberhasilan dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan media yang tepat, akan menstimulus semangat belajar dan ketertarikan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menggambarkan penggunaan media film dalam pembelajaran mahāratul istimā’ kelas 5 ibtida’ Pondok Pesantren Al Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas. Jenis penelitian yang dilakukan ialah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan data-data yang disajikan, dalam berbentuk teks naratif. Untuk mendapatkan informasi data-data yang diperlukan, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut akan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media film dalam pembelajaran mahāratul istimā’, terdiri dari tiga tahapan pembelajaran yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap persiapan, guru terlebih dahulu akan memeriksa film sebelumnya, serta pemasangan perangkat media yang digunakan dalam pembelajaran mahāratul istimā’. Pada tahap pelaksanaan, guru memulai kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dilanjut sedikit muqaddimah. Selanjutnya penggunaan media film dalam pembelajaran mahāratul istimā’ masuk dalam kegiatan inti, dilakukan dengan cara menonton film tersebut serta siswa dapat menyebutkan secara lisan dan tulisan, terkait kosakata atau kalimat yang terdapat pada percakapan film. Untuk kegiatan penutup guru menyimpulkan inti pelajaran serta mengucapkan salam. Adapun tahap evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam rangka mengukur keberhasilan penggunaan media film dalam pembelajaran mahāratul istimā’ dengan lisan dan tulisan. Kata kunci: Pembelajaran, Mahāratul Istimā’, Media Film

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran, Mahāratul Istimā’, Media Film
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khoerul Mukarom sdr
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:37
Last Modified: 26 Apr 2024 01:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24449

Actions (login required)

View Item View Item