IMPLEMENTASI NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT HARMONIS DI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

Charis, Zain Fathoni (2024) IMPLEMENTASI NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT HARMONIS DI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
HARIS SKRIPSI-1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Implementasi moderasi beragama menjadi suatu syarat penting dalam rangka membangun masyarakat yang harmonis. Moderasi beragama diartikan sebagai pendekatan yang mengamalkan ajaran agama secara moderat, menekankan nilai toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan penerimaan terhadap keberagaman agama. Fokus penelitian terletak pada peran kunci pemerintah dalam mengimplementasikan nilai moderasi beragama sebagai strategi untuk menciptakan kerukunan dan toleransi antarumat beragama. Penelitian ini menyoroti pentingnya moderasi beragama dalam membangun masyarakat harmonis dan menunjukkan bahwa pemerintah memiliki peran krusial dalam menyelenggarakan kebijakan, program, dan kegiatan yang mendukung nilai-nilai moderasi beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait implementasi nilai moderasi beragama di Purwokerto Timur. Hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah konkret yang diambil oleh pemerintah Purwokerto Timur. Kepala camat mendorong partisipasi aktif pegawai pemerintahan, memperkuat kesatuan melalui upacara bendera, dan bekerja sama dengan komunitas beragama dalam perayaan hari raya. Langkah-langkah preventif, seperti mendirikan forum kewaspadaan dini dan monitoring keamanan, menunjukkan komitmen pemerintah terhadap ketentraman masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Moderasi Beragama, Masyarakat Harmoni
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Charis zain fathoni sdr
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:41
Last Modified: 26 Apr 2024 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24448

Actions (login required)

View Item View Item