Cindy, Rizka Handayani (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK BUNDA SATRIA KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
CINDY RIZKA HANDAYANI_Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Bunda Satria Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis gambaran implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Bunda Satria Wangon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia mempersiapkan CP, ATP, modul ajar dan assessment. (2) Pengorganisasian pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan dengan membagi pokok pembelajaran dan menentukan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. (3) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan secara terstruktur sesuai dengan alur tujuan pembelajaran. (4) Evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan saat proses pembelajaran belum berlangsung dengan penilaian praktikum, assessment formatif dan sumatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Cindy Rizka Handayani sdri |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 01:34 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 01:34 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24438 |
Actions (login required)
View Item |