KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENDIDIKAN SEKSUAL DI DESA CANGKRING KABUPATEN TEGAL

Alya, Alya Fidyah Larasati (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENDIDIKAN SEKSUAL DI DESA CANGKRING KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alya Fidyah Larasati_Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Dalam Pendidikan Seksual Di Desa Cangkring Kabupaten Tegal.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena yang merisaukan banyak pihak, pada decade sekarang ini adalah banyaknya kasus pelecehan seksual yang terjadi pada anak usia dini yang menjurus pada kekerasan seksual. Komunikasi interpersonal menjadi hal mendesak yang harus dicermati orang tua agar dapat menata hubungan apik dengan anaknya. Melalui komunikasi interpersonal, orang tua menuntun anak agar bersikap baik. Desa cangkring menjadi lokasi penelitian untuk memahami dinamika komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam pendidikan seksual. Salah satu karateristik desa ini adalah salah satu desa yang menjadi sasaran lokasi program kerja kapolsek talang untuk sosialisasi dengan tema isu seksual. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan oleh penelitian ini yaitu sumber data primer, dengan teknik observasi dan wawancara, serta sumber data sekunder yang meliputi foto, dokumen, dan responden. Teknik analisis data reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa bentuk Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam penelitian ini yaitu Komunikasi Diadik dan Komunikasi Triadik, dengan menerapkan dan menciptakan komunikasi yang terbuka dapat menciptakan komunikasi secara efektif yang berhasil mencapai kesepakatan yang memuaskan semua pihak. Secara keseluruhan komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam pendidikan seksual adalah proses yang sangat penting untuk meningkatkan keterbukaan, empati, sikap positif, dukungan, kesamaan sehingga dapat membantu anak lebih memahami dan menerima pendidikan seksual yang diberikan oleh orang tuanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal pendidikan seksual Desa Cangkring
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 376 Education of women
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alya Fidyah Larasati sdri
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:46
Last Modified: 26 Apr 2024 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24429

Actions (login required)

View Item View Item