Pengembangan Aspek Kognitif Anak Menurut Jean Piaget

Melpi, Herlinawati (2024) Pengembangan Aspek Kognitif Anak Menurut Jean Piaget. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi_Melpi Herlinawati new.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kognitif adalah tahapan-tahapan perubahan yang terjadi dalam rentang kehidupan manusia untuk memahami, mengelola informasi, memecahkan masalah dan mengetahui sesuatu. Jean Piaget adalah salah satu tokoh yang meneliti tentang perkembangan kognitif dan mengemukakan tahapantahapan perkembangan kognitif. Jean Piaget yang juga ahli biologi menghubungkan tahapan perkembangan kematangan fisik dengan tahapan perkembangan kognitif. Dalam memahami dunia secara aktif, anak menggunakan skema, asimilasi, akomodasi, organisasi, dan equilibrasi. Pengetahuan anak terbentuk secara berangsur sejalan dengan pengalaman tentang informasiinformasi yang ditemui. Menurut Piaget, anak menjalani urutan yang sudah pasti dari tahap-tahap perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan pengembangan kognitif anak yang dimaksudkan agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui panca indranya. Perkembangan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berfikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yaitu mengumpulkan data dari berbagai literature seperti buku, jurnal, artikel dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis data, dalam metode analisis data penelitian ini menggunakan content analysis atau analisis isi buku. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti, mengemukakan perkembangan kemampuan kognitif seseorang terdiri atas 4 tahap dari lahir hingga dewasa. Tahap dan urutan berlaku untuk semua usia pada saat seseorang mulai memasuki tahap tertentu tidak sama untuk setiap orang. Keempat tahap perkembangan itu digambarkan dalam teori Piaget sebagai berikut : tahap sensorimotor, tahap praoperasional, tahap operasional konkret, dan tahap operasional formal. Ini berkaitan dengan proses dan cara kerja simpul syaraf dalam otak sebagai organ yang berfungsi sebagai alat berfikir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.4 Child Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Melpi Herlinawati Sdri
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:32
Last Modified: 26 Apr 2024 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24421

Actions (login required)

View Item View Item