DINAMIKA PSIKOGIS PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA YANG MENGALAMI KEHAMILAN DILUAR NIKAH HINGGA MELAHIRKAN DI KABUPATEN PURBALINGGA

Dean Fatur Nur, Rohmat (2024) DINAMIKA PSIKOGIS PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA YANG MENGALAMI KEHAMILAN DILUAR NIKAH HINGGA MELAHIRKAN DI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DEAN FATUR NUR ROHMAT_2017101046-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dinamika psikologis penerimaan diri merupakan sebuah respon yang terjadi melalui suatu proses yang melibatkan kognitif, afektif dan konatif remaja, dan penerimaan diri menjadi penting untuk mengembalikan kemampuan dan potensi diri yang dimiliki oleh remaja yang mana tertindas akibat dari kehamilan diluar nikah yang dialami oleh remaja. Agar remaja yang mengalami kehamilan diluar nikah mampu keluar dari masa sulit dan mencapai penerimaan diri serta bisa mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh remaja. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika psikologis penerimaan diri pada remaja yang mengalami kehamilan diluar nikah hingga melahirkan dan bagaimana proses penerimaan diri, ciri-ciri serta faktor dalam penerimaan diri pada remaja yang mengalami kehamilan diluar nikah hingga melahirkan.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dimana cara yang digunakan manusia untuk memahami dunia melalui pengalaman. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui observasi, wawancara kepada 2 responden, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui buku, jurnal dan literatur-literatur. Subjek dari penelitian adalah remaja yang mengalami kehamilan diluar nikah hingga melahirkan di Kabupaten Purbalingga. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kemudian melakukan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dinamika psikologis responden ini didorong atas emosional kasih sayang kepada anak yang ada dalam kandungan mereka dan adanya motivasi yang mendorong responden dalam mengambil Keputusan. Dalam proses penerimaan diri kedua respoden mengalami tahap denial, anger, depression, bergainning dan acceptance dengan pola yang berbeda. Mawar selaku responden pertama mengalami kelima tahapan secara berurutan, sedangkan Melati mengalami denial, anger, depression, bergainning, depression, bergainning, dan acceptance. Faktor yang mendorong penerimann diri kedua responden berupa pemberian pola asuh dalam keluarga yang demokratis dan atas dukungan dari lingkungan sosial.Kata kunci: Dinamika Psikologis, Penerimaan diri Remaja, Hamil Diluar Nikah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 130 Paranormal phenomena > 131 Occult methods for achieving well-being
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dean Fatur Nur Rohmat sdr
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:35
Last Modified: 25 Apr 2024 07:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24400

Actions (login required)

View Item View Item