METODE BIMBINGAN KARIR BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB B YAKUT PURWOKERTO

Aline Latifatushifa, Maghfiroh (2024) METODE BIMBINGAN KARIR BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB B YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aline Latifatushifa Maghfiroh_Metode Bimbingan Karir Bagi Anak Tunarungu Di SLB B YAKUT Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Siswa tunarungu memiliki kendala dibagian indra pendengarnya sehingga untuk menghadapi dunia karirnya mereka perlu dibekali ketrampilan yang bisa didapatkan dari sekolah luar biasa (SLB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan karir yang dilakukan bagi anak tunarungu di SLB B YAKUT Purwokerto. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, subjek dalam penelitian ini yaitu wali kelas, guru BK, guru ketrampilan dan siswa kelas XII. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bimbingan karir yang dilakukan menggunakan metode praktek secara langsung, metode klasikal yang bersifat universal dengan memberikan gambaran karir sesuai dengan minat dan bakat, memberikan apresiasi dan hadiah kepada siswa yang berbakat, melatih siswa untuk menemukan bakatnya, memberikan pilihan karir untuk menghindari pengangguran dan memberikan fasilitas yang mendukung. Beberapa keterampilan yang diajarkan berupa tata boga, membatik, menjahit, membuat kerajinan tangan (handmade), desain grafis dan tata rias.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bimbingan Karir, Anak Tunarungu, SLB
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ALINE LATIFATUSHIFA MAGHFIROH sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:20
Last Modified: 25 Apr 2024 07:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24398

Actions (login required)

View Item View Item