PRAKTIK JUAL BELI LIMBAH PLASTIK POLYETHYLENE TEREPHTHALATE (PET) BOTOL PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH (STUDI KASUS PADA PT PLANETARY RECYCLED PLASTIC INDONESIA DI KABUPATEN BANYUMAS)

Firstdina, Putri Imani (2024) PRAKTIK JUAL BELI LIMBAH PLASTIK POLYETHYLENE TEREPHTHALATE (PET) BOTOL PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH (STUDI KASUS PADA PT PLANETARY RECYCLED PLASTIC INDONESIA DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Firstdina Putri Imani_Praktik Jual Beli Limbah Plastik Polyethylene Terephthalate (PET) Botol Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Pada PT Planetary Recycled Plastic Indonesia di Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jual beli merupakan salah satu bentuk ibadah dalam rangka mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tidak terlepas dari hubungan sosial, tetapi jual beli yang sesuai dengan syari’at Islam. Julal belli limbah plastik PElT botol pada gudang PT Planetary Recycled Plastik Indonesia di Kabupaten Banyumas telrdapat ulnsulr khiyar, yaitul setelah terjadi pengecekan keseluruhan barang timbull pelrbeldaan harga yang mengakibatkan pelnawaran ullang antara pihak pelnjulal dan pelmbelli. Penelitian ini bertujuan ulntulk melnjellaskan praktik julal belli limbah plastik polyelthylelnel telrelphthalatel (PElT) botol pada Guldang PT Planeltary Relcycleld Plastic Indonelsia di Kabulpateln Banyulmas, serta ulntulk melnjellaskan praktik julal belli limbah plastik polyelthylelnel teltphthalatel (PElT) botol pada Guldang PT Planeltary Relcycleld Plastic Indonelsia di Kabulpateln Banyulmas pelrspelktif fikih mulamalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian pada Gudang PT Planetary Recycled Plastic Indonesa yang terletak di Desa Wiradadi, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas yang melakukan jual beli limbah plastik Polyethylene Terephthalate (PET) Botol. Metode pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data yaitu analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis penulis mengenai jual beli limbah plastik polyethylene terephthalate (PET) Botol pada gudang PT Planetary Recycled Plastic Indonesia termasuk dalam jual beli salam. Yang mana pihak pembeli (gudang PT Planetary Recycled Plastic Indonesia di Kabupaten Banyumas) memesan terlebih dahulu barang berupa botol PET dengan ketentuan warna bening dan biru kepada para pengepul dan pelapak (penjual) yang ada di Kabupaten Banyumas. Akad jual beli botol plastik PET bekas yang dilakukan oleh gudang PT Planetary Recycled Plastik Indonesia di Kabupaten Banyumas sudah sesuai dengan hukum Islam. Apabila ditemukan botol-botol yang tidak sesuai pesanan di dalam karung tersebut merupakan ketidaksengajaan yang dilakukan oleh pengepul dan antara kedua belah pihak sudah saling percaya. Maka dari itu, akad jual beli botol PET bekas termasuk akad sahih karena telah memenuhi rukun dan syarat jual beli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Polyethylene Terephthalate, Jual Beli Salam, Fikih Muamalah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Firstdina Putri Imani sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:49
Last Modified: 25 Apr 2024 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24392

Actions (login required)

View Item View Item