MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TIMUR

Ayu Okta, Wulandari (2024) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TIMUR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AYU OKTA WULANDARI_MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TIMUR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban untuk memperoleh pendidikan, baik yang normal ataupun yang memiliki kebutuhan khusus. Di Indonesia terdapat layanan pendidikan inklusif, pada layanan tersebut menerima siswa berkebutuhan khusus dan siswa reguler yang disatukan dalam sekolah bahkan pada kelas yang sama. Penyelenggaraan pendidikan inklusif memerlukan kurikulum untuk menunjang pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana manajemen kurikulum pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah Sekolah Dasar Negeri 5 Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan guru pendamping. Hasil penelitian tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Negeri 5 Arcawinangun Purwokerto Timur, yaitu: 1) Kurikulum pendidikan inklusif direncanakan dan disusun berdasarkan Kurikulum pemerintah yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. 2) Organisasi kurikulum pendidikan inklusif berupa pengaturan jadwal pelajaran dan mengalokasikan waktu pembelajaran, menetapkan tugas guru kelas dan guru pendamping yang dilakukan oleh kepala sekolah, dan mengembangkan kualitas tenaga pendidik. 3) Kurikulum pendidikan inklusif dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran yang disampaikan guru kelas dan guru pendamping sesuai dengan jenis kurikulum yang digunakan. 4) Pengawasan terhadap kurikulum pendidikan inklusif dilakukan untuk mengamati kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan perencanaan kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inklusif, Kurikulum, Manajemen, Pendidikan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ayu Okta Wulandari sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:46
Last Modified: 25 Apr 2024 06:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24388

Actions (login required)

View Item View Item